Kenali Tipe Alat Pemadam Api Ringan (APAR) agar Kebakaran Tepat Ditangani Kenali berbagai tipe APAR agar tidak berakibat fatal saat kebakaran. (Foto: Pexels/Levi Damasceno)

API berkobar hebat. Semua sisi kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) berubah merah. Asap mengepul tinggi. Angin bertiup kencang, membuat api kian berkobar dan cepat menyebar. Dalam waktu setengah jam, kubah lumat, lalu roboh.

Dari keterangan Polres Metro Jakarta Utara, para pekerja bangunan yang sekaligus menjadi saksi mencoba untuk memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Namun, api justru menyebar semakin besar dan luas sore itu, Rabu (19/10).

Tak ada keterangan resmi tentang jenis APAR atau fire extinguisher jenis apa yang digunakan oleh para pekerja. Namun, beberapa warganet di media sosial berpendapat bahwa bisa jadi jenis alat pemadam api yang digunakan saat itu tidak sesuai dengan jenis kebakaran yang terjadi.

Mengacu pada laman UCLA Health, ada beberapa tipe fire extinguisher atau APAR. Tipe-tipe tersebut disesuaikan pula dengan jenis api yang hendak dipadamkan. Penggunaaan APAR yang salah pada suatu kondisi kebakaran dapat menyebabkan ledakan, penyebaran api yang lebih luas, atau sengatan listrik.

Sebelum mengenal tipe APAR lebih jauh, mari kita mengenal jenis api lebih dulu. Ada empat jenis api yang terbagi dalam A, B, C, D, dan K. Jenis A adalah api yang berasal dari bahan-bahan padat seperti kayu, kertas, kain, dan plastik. Jenis B adalah api yang berasal dari cairan mudah terbakar misalnya alkohol, eter, dan minyak bahan bakar.

Jenis C adalah api yang muncul dari alat-alat elektronik dan kabel listrik sehingga jangan gunakan api untuk memadamkannya. Jenis D adalah api yang muncul dari logam mudah terbakar misalnya sodium dan potasium. Jenis K adalah api yang muncul dari cairan memasak seperti minyak sayur atau bahan memasak lainnya.

Nah, alat yang paling aman dan sering ditemukan untuk memadamkan api adalah fire extinguisher atau APAR tadi. Benda ini berbentuk tabung merah dengan pipa penyemprot pada bagian atasnya.

Sesuai namanya, APAR cocok digunakan untuk memadamkan api kecil saja. Meski sekilas terlihat sama, setiap APAR memiliki label yang menunjukkan cocok untuk api jenis apa.

Menurut laman Safelincs, umumnya ada 6 jenis APAR yang digunakan. Berikut ini adalah keenam jenis APAR, label, dan kegunaan mereka pada masing-masing jenis kebakaran.

Baca juga:

Robeta, Mobil Listrik Mini Pemadam Kebakaran

1. Water

apar
APAR jenis Water. (Foto: Safelincs)

APAR ini punya label berwarna merah di tabungnya. Ia cocok untuk memadamkan api yang disebabkan oleh benda-benda padat seperti kayu, kertas, dan tekstil. Perhatikan untuk tidak menggunakan APAR ini ke arah benda elektronik.

2. AFFF Foam

apar
APAR jenis AFFF Foam. (Foto: Safelincs)

APAR tipe ini punya label berwarna krim atau kuning pucat. Ia mengandung foam atau busa yang efektif dipakai untuk memadamkan api akibat benda padat dan cairan mudah terbakar. Kandungan busanya bisa mencegah api nyala kembali.

3. Carbon Dioxide (CO2)

apar
APAR jenis Carbon Dioxide. (Foto: Safelincs)

APAR yang satu ini punya label berwarna hitam. Ia dirancang khusus untuk memadamkan api akibat cairan mudah terbakar dan alat elektronik. Jenis APAR ini aman digunakan pada kabel listrik karena ia bukan konduktor dan tidak meninggalkan kandungan berbahaya.

Baca juga:

New Carry Pick Up Dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan

4. ABC Powder

apar
APAR jenis ABC Powder. (Foto: Safelincs)

APAR ini punya label berwarna biru. Seperti namanya, ia efektif untuk memadamkan api yang berasal dari benda padat, cairan mudah terbakar, dan alat elektronik. Meski begitu, hindari memakai APAR jenis ini dalam ruangan tertutup dan kecil karena dapat mengganggu fungsi pernapasan.

5. Water Mist

apar

APAR jenis Water Mist. (Foto: Safelincs)

APAR tipe ini punya label berwarna putih. Ia punya kemampuan yang sama seperti ABC Powder, yaitu bisa memadamkan api dari benda padat, cairan mudah terbakar, dan alat elektronik.

Ia dirancang khusus untuk membentuk kabut air dan mengurangi oksigen, salah satu bahan bakar bagi api. Water mist ini sifatnya lebih aman dan bisa memadamkan api dari listrik karena tidak membentuk tetesan air.

6. Wet Chemical

apar
APAR jenis Wet Chemical. (Foto: Safelincs)

APAR yang satu ini punya label berwarna kuning terang. Ia efektif untuk memadamkan api yang berasal dari benda padat dan cairan memasak. Harap diingat bahwa fire extinguisher jenis ini tidak bisa digunakan untuk minyak yang sifatnya sebagai bahan bakar dan mudah terbakar. (mcl)

Baca juga:

Pemadam Kebakaran, Jagoan Negeri Aing Penjinak ‘Si Jago Merah’

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cara Berdamai Ketika Dighosting Match Tinder
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Berdamai Ketika Dighosting Match Tinder

Sebagian orang pasti pernah mencoba menjalani hubungan dari aplikasi perjodohan online seperti Tinder. Namun tak selalu mulus, fenomena ghosting yang cukup umum di Tinder nyatanya kerap membuat hubungan yang dikira manis jadi kandas.

‘Pink Venom’ BLACKPINK Debut di MTV VMA 2022
ShowBiz
‘Pink Venom’ BLACKPINK Debut di MTV VMA 2022

Menjadi artis perempuan K-pop pertama yang tampil dan unjuk talenta dalam acara penghargaan Amerika Serikat.

Tetap Terhidrasi saat Musim Panas, ini Triknya
Hiburan & Gaya Hidup
Tetap Terhidrasi saat Musim Panas, ini Triknya

Cuaca yang panas membuat kamu akan lebih mudah terkena dehidrasi.

Microsoft PHK Karyawan Lagi, Hampir Mencapai 1000 Tenaga Kerja
Fun
Microsoft PHK Karyawan Lagi, Hampir Mencapai 1000 Tenaga Kerja

Kali kedua Microsoft PHK karyawan secara besar-besaran.

Kreator dan Pemain 'The Last of Us' Tanggapi Ekspektasi Penggemar
ShowBiz
Kreator dan Pemain 'The Last of Us' Tanggapi Ekspektasi Penggemar

Serial 'The Last of Us' tayang di HBO Max.

Demensia, Lalu harus Bagaimana?
Fun
Demensia, Lalu harus Bagaimana?

Orang dengan demensia perlu dukungan dari keluarga.

Atasi Burnout dengan Membuat Skala Prioritas
Fun
Atasi Burnout dengan Membuat Skala Prioritas

Setiap orang pasti pernah mengalami burnout.

Chen EXO Umumkan Persiapan Album Mini Ketiga
ShowBiz
Chen EXO Umumkan Persiapan Album Mini Ketiga

Comeback pertama Chen setelah ia keluar dari wajib militer pada April.

Mobil Salah Isi BBM, Ini Dampaknya pada Mesin
Hiburan & Gaya Hidup
Mobil Salah Isi BBM, Ini Dampaknya pada Mesin

Mobil yang salah isi BBM akan berdampak pada mesin. Mesin bensin yang terisi BBM diesel atau solar nantinya akan sulit dihidupkan.

Motor Listrik Berpotensi Besar di Pasar Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Motor Listrik Berpotensi Besar di Pasar Indonesia

Meskipun kendaraan elektrifikasi di segmen roda dua masih memiliki harga yang relatif mahal.