Kesehatan

Kenali Third Hand Smoke dan Cara Mengatasinya

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 07 Oktober 2021
Kenali Third Hand Smoke dan Cara Mengatasinya
Bukan hanya asap rokok yang berbahaya, residu yang ditinggalkan mengganggu kesehatan. (Foto: Unsplash/Pascal Meier)

MEROKOK memang berbahaya bagi perokok atau pun orang di sekelilingnya. Muncul pula istilah third hand smoke, yakni untuk menyebutkan residu nikotin dan bahan kimia berbahaya lainnya yang ditinggalkan asap rokok.

Kalau kamu merokok di rumah, third hand smoke jelas berbahaya untuk anggota keluarga karena paparan residu nikotin yang mengempel di berbagai perabot, mulai dari kursi, meja, dnding, lantai, dan ruangan pun menjadi bau asap. Selain dampak third hand smoke, kebiasaan merokok di dalam rumah juga menyebabkan anggota keluarga menjadi perokok pasif.

Baca juga:

Inilah yang Rokok Rusak pada Gigi, Masih Mau Merokok

Kenali Third Hand Smoke dan Cara Mengatasinya
Hanzle Cheeseman, perokok sebaiknya merokok di luar ruangan. (Foto: YouTube/5 News)

Studi terbaru dari King’s College menjelaskan bahwa 50 persen perokok pasif berisiko kanker mulut dan tenggorokan. Jika anggota keluargamu terpapar asap rokok dalam jangka waktu yang panjang, maka risikonya akan meningkat berkali lipat.

Untuk menghindari third hand smoke, kepada keluarga dan khususnya anak, Hazel Cheeseman dari kelompok kampanye Action on Smoking dan Health berpesan agar perokok sebaiknya merokok di luar ruangan.

“Studi terbaru ini semakin memperkuat bahwa perokok seharusnya di luar ruangan, untuk melindungi anak-anak dari bahaya. Namun cara terbaik untuk melindungi mereka adalah jika para orang tua berhenti merokok,” kata Hazel mengutip BBC.

Untuk itu ada beberapa cara yang bisa ditempuh, yang paling utama adalah berhenti merokok karena partikel dari asap rokok berpotensi tertinggal dan bertahan di permukaan furniture dan bagian dalam rumah hingga bertahun-tahun.

“Anak-anak dan orang dewasa yang tidak merokok mungkin berisiko mengalami masalah kesehatan ketika mereka menghirup, menelan, atau menyentuh zat yang berasal dari asap rokok,” kata Dr J. Taylor Hays, M.D dari Mayo Clinic.

Baca juga:

Merokok Tapi Tetap Sehat? Kardiovaskular Ganjarannya

Kenali Third Hand Smoke dan Cara Mengatasinya
Berhenti merokok jadi cara yang paling tepat. (Foto: Unsplash/Julia Engel)


American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar semua anak dilindungi dari asap rokok. Demi melindungi keluarga dari paparan asap rokok, kamu sebaiknya tidak merokok di dalam rumah atau mobil sebab residu asap rokok bisa menempel di pakaian, rambut, furnitur, atau pendingin ruangan.

Atau kamu bisa memilih tembakau alternatif. Banyak penelitian menjelaskan bahwa produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan, rokok elektrik, maupun snus, memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan rokok umumnya. Kendati demikian, tentunya perlu riset mendalam terkait dampak penggunaan tembakau alternatif untuk jangka panjang. (and)

Baca juga:

Berhenti Merokok Buat Orang Mengonsumsi Lebih Banyak Junk Food

#Kesehatan #Rokok
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan