Kenali Tanda-Tanda Seseorang Alami Stres Berat Kamu bisa melihat seseorang mengalami stres dari hal ini. (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

WAJAR saja bila seseorang mengalami stres berat, entah itu karena pekerjaan, pasangan, ataupun kondisi di lingkungan keluarga. Gejala stres tidak hanya berdampak pada pola pikir dan perilaku, tetapi juga adanya perubahan dari segi fisik.

Stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang berdampak pada imunitas, pencernaan, otot, hingga sistem saraf. Oleh karena itu yuk kenali lima tanda seseorang sedang mengalami stres berat yang dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga:

Pare, Si Pahit yang Mampu Membunuh Sel Kanker


1. Jerawat

Jerawat
Seseorang lebih sering menyentuh wajahnya hingga menyebabkan jerawat. (Foto: Pixabay/Kjerstin_Michaela)


Salah satu tanda yang paling mudah terlihat adalah munculnya banyak jerawat. Jerawat tidak hanya muncul karena pola tidur yang berantakan ataupun kurang menjaga kebersihan muka. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kulit manusia sensitif terhadap peningkatan produksi androgen.

Ketika stres jerawat yang semakin parah akan muncul, terutama pada laki-laki. Sebab saat itu, mereka sering menyentuh wajah dengan kondisi tangan kotor. Bahkan, jerawat yang muncul pun tidak hanya di wajah saja, melainkan di bagian tubuh lainnya.


2. Sering berkeringat

Sering Berkeringat
Saat stres, kelenjar aprokin pada kulit akan meningkat. (Foto: Unsplash/Hans Reniers)

Selain jerawat, tanda seseorang mengalami stres berat juga bisa dilihat dari keringat berlebih. Hal ini disebabkan ketika stres berat, kelenjar apokrin pada kulit meningkat sehingga menimbulkan keringat.

Jika terlalu lama dibiarkan, keringat tersebut menyebabkan bau yang menyengat. Keringat berlebih juga bisa disebabkam karena cemas, peningkatan suhu, dan hormon tubuh. Mintalah mereka untuk beristirahat dan rehat sejenak dari aktivitas.

Baca juga:

Nyata Ada! Orang dengan Kepribadian Ganda


3. Rambut rontok

Rambut Rontok
Produksi androgen yang meningkat membuat rambut menjadi sering rontok. (Foto: Pixabay/kalhh)

Rambut rontok tidak hanya terjadi pada seseorang yang mengalami kanker. Saat stres, produksi androgen pada tubuh manusia akan meningkat dan dapat menyebabkan rambut rontok di beberapa waktu tertentu. Jika dibiarkan mengalami stres terus menerus, rambut seseorang akan terlihat semakin menipis dan mempengaruhi penampilan.

4. Masalah pencernaan

Masalah Pencernaan
Stres juga berdampak pada masalah pencernaan. (Foto: Medical News Today)

Tidak hanya pada bagian tubuh luar, stres juga bisa mempengaruhi pencernaan, lho! Seperti sakit perut, diare, kembung, sembelit, hingga konstipasi. Seseorang akan sering ke toilet karena pencernaan mereka bermasalah. Di saat seperti ini, tampaknya mereka juga perlu diingatkan untuk menjaga pola makan yang baik.

5. Sulit tidur

Sulit Tidur
Saat ingin tidur, mereka justru memikirkan masalah yang sedang dialami. (Foto: WebMD)

Terakhir, kamu bisa lihat dari pola tidur yang tidak teratur. Di saat ingin tidur, terutama malam hari, mereka cenderung memikirkan masalah yang sedang terjadi. Akibatnya, bisa berujung pada masalah kesehatan mental dan fisik. Mereka takut masalah yang sedang terjadi dan sulit memejamkan mata. (And)

Baca juga:

Tips Berpakaian Saat Interview Kerja untuk Perempuan


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH