Kesehatan Mental
Kenali Tanda-Tanda sebelum Anak Mengakhiri Hidupnya Ada hal-hal yang menyebabkan anak-anak ini sampai pada tingkat keputusasaan yang begitu ekstrem. (nhk.or.jp)

BAGI kebanyakan dari kita, gagasan tentang seorang anak kecil yang mengambil nyawanya sendiri tidak terpikirkan. Mungkin di negara ini, belum banyak kasus yang diberitakan, tetapi sayangnya di negara-negara lain seperti AS, angkanya sangat mengkhawatirkan.

Dari 2000 hingga 2017, ada lebih dari 5.000 keluarga di Amerika Serikat dengan 5.527 kematian anak akibat bunuh diri. Itu hanya untuk anak-anak dalam kelompok usia 10-14 tahun. Jika kita melihat usia 10 hingga 24 tahun, jumlahnya mencapai jumlah yang mengkhawatirkan yaitu 88.744 orang. Untuk populasi itu, bunuh diri sudah menjadi penyebab kematian nomor dua di AS.

BACA JUGA:

Bermuatan Edukasi, 3 Gim ini Cocok untuk Anak-Anak

Situasi itu menjadi lebih buruk. Dalam jangka waktu yang sama, tingkat bunuh diri untuk kelompok usia 10-14 tahun praktis tiga kali lipat. Jadi pertanyaan alami kepada diri kita sendiri sebagai masyarakat ialah, 'apa yang menyebabkan anak-anak ini sampai pada tingkat keputusasaan yang begitu ekstrem?'

kesehatan mental
Anak-anak 'berbicara' melalui perilaku dan permainan, jadi perhatikan perubahan di kedua area ini. (aeon.co)

Tidak ada jawaban yang mudah, dan tentu saja tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua, tetapi beberapa faktor berperan seperti diuraikan dalam artikel Psychology Today (20/10):

1. Dinamika keluarga. Peneliti Johan Bilsen berpendapat bahwa sekitar 50 persen bunuh diri remaja terkait dengan faktor keluarga, termasuk pola komunikasi, penelantaran, kekerasan, penyalahgunaan zat adiktif, dan riwayat gangguan mental dan bunuh diri.

2. Genetika. Studi pada anak kembar telah menunjukkan risiko yang lebih tinggi bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga biologis bunuh diri, bahkan pada anak-anak yang diadopsi.

3. Orang muda lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental, terutama pada masa remaja, ketika mereka mengalami perubahan saat mereka mencari identitas diri.

4. Perkembangan otak juga merupakan kunci untuk memahami perilaku remaja. Otak tengah, tempat emosi diproses, berkembang dengan baik, sementara pembentukan koneksi korteks prefrontal, yang bertanggung jawab untuk penalaran, masih berlangsung. Area ini memungkinkan manusia untuk merencanakan, memoderasi perilaku sosial, memprioritaskan, dan berpikir logis. Akibatnya, anak-anak dan remaja cenderung salah menafsirkan isyarat sosial, bertindak berdasarkan dorongan hati, dan terlibat dalam perilaku berisiko. Di sinilah ide bunuh diri bisa muncul.

Tanda-tanda peringatan

Anak-anak 'berbicara' melalui perilaku dan permainan, jadi perhatikan perubahan di kedua area ini. Ingatlah bahwa hanya orangtua yang mengenal anak sendiri, jadi bagi sebagian orang, agresi mungkin muncul sebagai perubahan perilaku. Orang lain mungkin menjadi cemas, sedih, atau gelisah luar biasa.

Mereka juga mungkin melakukan hal-hal seperti:

- Membagi-bagikan mainan- Menjadi lebih agresif melalui permainan- Menolak untuk bermain sama sekali- Mengalami mimpi buruk yang berulang- Peningkatan kecemasan ketika harus berjauhan dari orangtua- Memiliki keluhan fisik, seperti sakit perut dan sakit kepala- Menempel lebih dari biasanya- Mengalami kesulitan berkonsentrasi- Menunjukkan rasa percaya diri yang rendah atau citra diri negatif

Langkah-langkah yang harus diambil

kesehatan mental
Dengar, dengar, dengar. Sering kali, alih-alih mencari nasihat, yang mereka butuhkan adalah didengar. (cafo.org)

Tetap terlibat dalam kehidupan akademis anak. Jika orangtua memiliki anak yang masih sekolah, hadiri acara yang relevan dengan mereka, seperti pertunjukan tari dan pertandingan olahraga. Jika ada masalah akademik, bicarakan dengan guru dan fakultas.

Ketika di perguruan tinggi, yang berkali-kali berarti mereka berada di luar negeri, tetaplah menjaga hubungan. Hal itu terutama penting bagi mahasiswa baru karena mereka akan melalui banyak adaptasi, sehingga mereka perlu merasa bahwa dukungan keluarga masih ada.

Saat berbicara dengan anak, hindari komentar 'benar atau salah'. Ajukan pertanyaan terbuka (pertanyaan yang tidak dijawab dengan ya atau tidak sederhana). Ini membantu mereka terbuka kepada orangtua.

Dengar, dengar, dan dengar. Sering kali, alih-alih mencari nasihat, yang mereka butuhkan adalah didengar. Anak-anak biasanya menjelaskan kapan mereka menginginkan bimbingan objektif orangtua. Pendekatan yang baik adalah menghubungkan masalah mereka dengan masalah serupa yang dialami di masa lalu. Ini tidak terlalu mengganggu daripada mengatakan hal-hal seperti, "Ibu pikir kamu harus melakukannya." Beri mereka ruang untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk mereka, diskusikan berbagai kemungkinan, dan tunjukkan sudut pandang yang mungkin tidak mereka pertimbangkan.

Ingat, terkadang anak-anak dan remaja yang berpikir untuk bunuh diri tidak akan memberi tahu orangtua karena mereka khawatir tentang bagaimana reaksinya. Pertanyaan langsung dan tidak menghakimi dapat mendorong mereka untuk berbagi pikiran dan perasaan anak. Terlepas dari tanggapan mereka, jika kamu mencurigai seseorang mungkin ingin bunuh diri, segera cari bantuan profesional.

Jika kamu atau seseorang yang kamu cintai sedang mempertimbangkan untuk bunuh diri, segera cari bantuan. Kamu dapat menghubungi Hotline Kesehatan Jiwa Kemenkes +6221-500-454. Kamu juga dapat menghubungi komunitas Into The Light Indonesia melalui e-mail intothelight.email@gmail.com atau langsung membuka laman ‘Pendampingan’ dalam situs mereka https://intothelightid.wordpress.com/. Selain itu, kamu juga dapat menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri di nomor +6221 9696 9293 atau melalui e-mail janganbunuhdiri@yahoo.com. (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kenali Jenis Air Coolant yang Cocok untuk Mobil Kamu
Fun
Kenali Jenis Air Coolant yang Cocok untuk Mobil Kamu

Water coolant memiliki teknologi yang menjadi standar mobil yang kamu gunakan.

Jacoweek 2021 Ditutup dengan Final Jagobrew dan Raffle Livin & Livinpoin
Fun
Hillary Clinton akan Menerbitkan Novel 'State of Terror'
Fun
Hillary Clinton akan Menerbitkan Novel 'State of Terror'

Novel ini akan dirilis pada 12 Oktober 2021.

Lagu Baru BTS, 'Butter', akan Lelehkan para ARMY
ShowBiz
The Linda Lindas, Bawakan Punk di Tengah Diskriminasi
Fun
The Linda Lindas, Bawakan Punk di Tengah Diskriminasi

Dari perlakukan rasis menjadi eksis.

Pertumbuhan Streaming Menurun, Saham Disney Jatuh
Fun
Pertumbuhan Streaming Menurun, Saham Disney Jatuh

Saham Disney jatuh bersamaan dengan penurunan angka kasus COVID-19 di AS.

EA Tunda Garap 'Need for Speed' Karena 'Battlefield'
Fun
EA Tunda Garap 'Need for Speed' Karena 'Battlefield'

EA ingin fokus menggarap 'Battlefield' dulu.

Kain Endek Bali Resmi Jadi Koleksi Terbaru Christian Dior
Fashion
Kain Endek Bali Resmi Jadi Koleksi Terbaru Christian Dior

Sejumlah persyaratan harus dipenuhi melalui kerja sama itu.

Pilhan Daging Empuk Selain Wagyu
Kuliner
Pilhan Daging Empuk Selain Wagyu

Solusi buat kamu yang memiliki gigi sensitif.

Fitur Tersembunyi iOS 15 yang Wajib Diketahui
Fun
Fitur Tersembunyi iOS 15 yang Wajib Diketahui

Segera update untuk mendapatkan fitur keren iOS 15.