Kenali dan Ketahui Tanda-Tanda Kosmetik Sudah Kadaluwarsa Kenali tanda-tanda makeup expire (Sumber: YouTube/BeautyCo)

SETIAP produk yang kita konsumsi memiliki batas akhir penggunaan atau kadaluwarsa. Mulai dari makanan, obat-obatan, skincare, hingga kosmetik memiliki tenggat waktu pemakaian. Sayangnya, masih banyak orang yang tak peduli dengan tanggal kadaluwarsa produk kosmetik.

Banyak kaum hawa yang mengabaikan tenggat waktu penggunaan kosmetik karena produknya masih banyak atau produk yang digunakan sudah tak diproduksi lagi di pasaran. Sama seperti makanan, menggunakan kosmetik yang sudah kadaluwarsa buruk bagi kesehatan.

Kosmetik dirancang dengan hati-hati untuk jangka waktu tertentu. Ia akan kehilangan efektivitasnya begitu tenggat waktunya habis. Jika tetap digunakan, bakteri mulai tumbuh dan dapat menyebabkan infeksi.

Jika kamu kesulitan menemukan tanggal kadaluwarsa produk kosmetik di kemasan, berikut panduan menentukan tanggal kadaluwarsa makeup:

1. Maskara

Maskara
Maskara (Sumber: Marie Claire)

Konsistensinya yang cair membuat maskara rentan ditumbuhi bakteri. Kedekatannya dengan wilayah mata membuat bakteri dalam produk rawan menginfeksi mata. Agar tetap aman, maskara harus diganti setiap tiga bulan.

2. Eyeliner Gel

Eyeliner gel
Eyeliner cair (Sumber: Lupe Netro)

Tekstur eyeliner gel yang cair membuat produk ini memiliki permasalahan yang sama dengan maskara. Kemasannya yang lebih rapat dibandingkan maskara membuat produk ini bisa diganti setiap enam bulan sekali.

3. Eyeliner Pensil

Eyeliner pensil
Eyeliner pensil (Sumber: Fabulousbetty)

Berbeda dengan eyeliner gel, tekstur eyeliner pensil lebih padat. Hal tersebut membuat waktu penggunaannya lebih panjang dan tahan lama. Eyeliner pensil bisa diguakan hingga dua tahun.

4. Foundation

Foundation expire
Foundation (Sumber: L'Oreal Paris)

Foundation memiliki tingkat ketahanan berbeda-beda. Rata-rata penggunaan foundation bisa bertahan hingga setahun.

Namun, jika kamu rentan berjerawat sebaiknya ganti foundation setiap enam bulan. Kamu perlu mengucapkan selamat tinggal lebih cepat pada foundation kesayangan jika melihat adanya perubahan bau, tekstur, atau warna.

5. Lipstik

Lipstik
Lipstik (Sumber: The Luxury Spot)

Lipstik merupakan salah satu benda kesayangan para perempuan. Kaum hawa tak segan mengoleksi lipstik berbagai warna dan varian.

Kabar baiknya, koleksi favoritmu tersebut bisa bertahan hingga dua tahun loh. Kamu perlu mengganti lipstikmu jika sudah kering atau berubah warna.

6. Lip Gloss

Lipgloss
Lipgloss (Sumber: Allure)

Karena konsistensinya yang cair, lipgloss perlu diganti lebih sering dibandingkan lipstik. Ganti lip glossmu setiap setahun sekali. Kamu perlu menggantinya lebh cepat jika melihat formula mulai terpisah dan berubah.

7. Bedak, Blush, Bronzer dan Eyeshadow

Eyeshadow
Eyeshadow (Sumber: Syoih)

Dengan perawatan yang tepat dan penggunaan brush yang bersih, produk kecantikan berbasis bubuk bisa bertahan selama bertahun-tahun. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH