Kenali Tanda-Tanda Kanker Langka yang Diderita Mendiang Ibu Jokowi Ibu Jokowi meninggal (Sumber: Istimewa)

KABAR duka datang dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sang ibunda tercinta, Sudjiatmi Notomiharjo menghembuskan napas terakhir, Rabu (25/3) di Rumah Sakit TNI Tingkat III Slamet Riyadi, Solo. Mendiang pergi usai berjuang dengan penyakit kanker tenggorokan.

Kanker tenggorokan merupakan salah satu penyakit langka yang hanya dialami 0,3 persen orang. Langkanya penderita penyakit tersebut membuat orang-orang kurang familiar dengan salah satu jenis kanker tersebut. Apa itu kanker tenggorokan?

Baca juga:

Kabar Baik! Kini Kanker Bisa Sembuh Dalam Sekejap

Kanker tenggorokan
Kanker tenggorokan (Sumber: Medical News Today)

Seperti jenis kanker lainnya, kanker tenggorokan merupakan penyakit sel-sel abnormal berlipat ganda dan membelah tanpa terkendali dalam tubuh. Sel-sel abnormal tersebut membentuk pertumbuhan ganas yang disebut tumor. Kanker tenggorokan mengacu pada kanker pita suara dan bagian tenggorokan lainnya seperti amandel dan orofaring.

Baca juga:

Sering Dianggap Sama, Tumor dan Kanker Ternyata Berbeda

Meskipun seluruh kanker tenggorokan melibatkan pengembangan dan pertumbuhan sel-sel abnormal, dokter akan mengidentifikasi tipe spesifik pada pasien untuk menentukan rencana perawatan yang efektif. Tipe kanker tenggorokan yakni kanker faring dan karsinoma sel skuamosa.

Kanker tenggoroka
Kanker tenggorokan (Sumber: Medicine Net)

Kanker faring berkembang di faring. Faring adalah tabung berlubang yang membentang dari belakang hidung ke bagian atas batang tenggorokan. Kanker faring yang berkembang di leher dibagi atas empat jenis; kanker nasofaring (bagian atas tenggorokan), kanker orofaring (bagian tengah tenggorokan), kanker hipofaring (bagian bawah tenggorokan), dan kanker laring (kanker di pita suara).

Sementara kanker karsinoma sel skuamosa mempengaruhi sel-sel yang melapisi tenggorokan. Jenis kanker tenggorokan ini mempengaruhi sel-sel kelenjar.

Meskipun kanker ini cukup langka ditemukan, beberapa gejala kanker tenggorokan cukup sederhana dan bisa ditemukan di banyak orang. Gejalanya yakni kesulitan menelan, penurunan berat badan, sakit tenggorokan, batuk persisten, sakit telinga, suara serak, dan adanya kebutuhan konstan untuk membersihkan tenggorokan. Gejala paling jelas berupa pembengkakan kelenjar getah bening di leher. (avia)

Baca juga:

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH