Kenali Sebab Si Kecil 'Cengeng' Tangis anak bisa disebabkan oleh berbagai hal (Sumber: Momspresso)

ANAK usia balita cenderung memiliki karakter percaya diri dan selalu bahagia. Namun bisa jadi anakmu kebalikan dari karakter tersebut. Si kecil mudah menangis pada hal apapun.

Air matanya mengalir begitu mudah sehingga orang tua mulai kehilangan kesabaran dengannya. Si kecil yang cengeng dapat dengan cepat membuatmu lelah. Namun sebelum langsung marah, orang tua perlu mengetahui alasan dibalik tangisnya. Berikut tiga makna tangisan si kecil yang cengeng:

Baca Juga:

Manfaat Tersembunyi dari Menangis

1. Kurang Percaya Diri

Anak menangis
Anak menangis karena kurang percaya diri (Sumber: Young Parents)

Kepercayaan diri seorang balia sangat kuat dalam beberapa hal namun rapuh dalam hal lain. Tidak peduli seberapa berani dia pada umumnya, melihat wajah asing bisa mengurangi rasa amannya dan membuatnya renan menangis.

Selain itu, sikap penolakan dari anak lainnya untuk bermain dengannya juga dapat mengurangi rasa percaya dirinya. Pada saat iu, air mata mulai mengalir.

Langkah paling efektif adalah dengan membangun kepercaayaan dirinya. Bantu ia untuk fokus pada aktivita hariannya tanpa larut dalam isak tangis, Itu membangun kepercayaan dirinya dalam tahap-tahap kecil.

Yakinkan ia bahwa dia akan baik-baik saja dan secara bertahap dorong ia untuk lebih ulet. Misalnya, beri tahu dia bahwa kamu tak keberatan jika dia tidak bisa menyelesaikan puzzlenya tetapi dia harus mencoba yang terbaik.

2. Cari Perhatian

Bayi menangis
Bayi menangis (Sumber: Baby Couture)

Si kecil mungkin menemukan bahwa ini adalah cara yang efektif untuk mendapatkan perhatianmu sebagai orang tua. Semakin kamu 'marah', semakin besar kemungkinan ia untuk menangis. Sebaliknya, abaikan air matanya. Di awal, mungkin ia akan menangis lebih keras. Kendati demikian, lakukan yang terbaik untuk tidak bereaksi.

Secara perlahan anak mulai bersikap tenang. Usai anak tenang, kamu bisa katakan bahwa mereka bisa mengomunikasikan keinginannya tanpa menangis. Sampaikan juga betapa senangnya dirimu bahwa dia tidak membuat keributan lagi. Kombinasi kedua hal tersebut pada akhirnya dapat mengurangi keinginan anak untuk menangis. Dia akan belajar bahwa perhatian bisa ia dapatkan dengan cara yang lebih positif.

Baca Juga:

Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih Saat Hadirnya Si Kecil

3. Kecemasan

Bayi menangis
Anak menangis karena cemas (Sumber: Chick on The Right)

Tangis si kecil bisa jadi merupakan tanda kecemasan dan ketidakbahagiaan mereka karena sering mendengar pertengkaran di rumah. Hal tersebu juga bisa disebabkan bila ia merasa iri dengan saudara kandungnya.

Tangisan ini adalah salah satu tangisan paling murni dari dirinya. Cobalah untuk mengetahui penyebab ketidakbahagiaannya dengan mengamati dan berbicara dengannya. Setelah penyebab cemas ditemukan, kamu akan mendapati bahwa dia tidak lagi mudah menangis dalam segala hal. (avia)

Baca Juga:

4 Cara Ampuh Stimulasi Bayi untuk Cepat Merangkak

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH