Kenali Perbedaan Jenis-Jenis Parfum Sebelum Salah Beli Perbedaan dari Parfum, EDP, EDT, dan Cologne (Foto: pexels/Valeria Boltneva)

TELAH menjadi suatu kebutuhan tersendiri, menggunakan parfurm sebelum keluar rumah untuk melakukan kegiatan sehari-hari bisa menunjang kepercayaan diri seseorang. Meskipun parfurm telah menjadi kebutuhan tersendiri bagi sebagian orang dan wajib untuk dipakai, tidak sedikit dari mereka yang masih belum mengetahui bahwa parfurm memiliki banyak jenis dan ketahanan wangi yang berbeda.

Terkadang kita akan merasa kebingungan saat mendatangi toko atau akan membeli parfurm, dan melihat tulisan dalam bahasa Prancis disebagian besar kemasan parfurm. Biasanya dalam kemasan botol parfurm tersebut terdapat tulisan, parfurm, eau de parfurm, eau de toilette, atau eau de cologne. Lalu, apa perbedaan dari empat kategori parfurm tersebut? Yuk, kenali perbedaannya, biar enggak salah pilih.

Baca juga:

Wangi Semerbak, Bunga-Bunga ini Cocok sebagai Campuran Parfum

Parfurm

Kenali Perbedaan Jenis-Jenis Parfum Sebelum Salah Beli
Parfurme memiliki kadar minyak pewangi paling tinggi (Foto: Pinterest/Jules Villbrandt)

Dilansir dari laman Pop Sugar, parfurm memiliki minyak pewangi paling tinggi, yakni sekitar 20%. Maka dari itu, parfurm merupakan pewangi badan yang lebih tahan lama dari kedua kategori lainnya.

Jika kamu menggunakan jenis parfurm, dari kejauhan orang sudah bisa mencium aroma tubuh kamu, dan pewangi tubuh jenis parfurm bisa bertahan hingga delapan jam meskipun hanya menggunakan dua kali semprotan.

Eau de Parfrum

Kenali Perbedaan Jenis-Jenis Parfum Sebelum Salah Beli
Eau de Parfum memiliki ketahanan wangi sampai lima jam (Foto: pinterest/feedsblitz)

Mungkin saat ini kamu akan bingung, apa perbedaan dari parfurm dan eau de parfurm. Meskipun sama-sama memiliki kata ’parfurm’ namun dua kategori pewangi tubuh ini memiliki perbedaan yang signifikan lho!

Eau de parfurm (EDP) hanya memiliki kadar minyak pewangi sekitar 10-15%. Untuk harum dari EDP ini sendiri bisa bertahan sampai lima jam.

Baca juga:

Parfum Pesohor Dunia yang Wajib Dimiliki Pria Tampan

Eau de Toilette

Kenali Perbedaan Jenis-Jenis Parfum Sebelum Salah Beli
Eau de Toilette hanya bisa bertahan hingga tiga jam (Foto: pinterest/anthropologie)

Biasanya eau de toilette (EDT) akan dijual dengan harga yang lebih murah dibanding dengan parfurm dan EDP. Minyak pewangi yang terkandung dalam EDT kurang dari 10% yang membuat jenis pewangi tubuh satu ini hanya bisa bertahan kurang lebih tiga jam dan memiliki wangi yang lebih ringan.

Eau de Cologne

Kenali Perbedaan Jenis-Jenis Parfum Sebelum Salah Beli
Cologne hanya bisa bertahan paling lama dua jam (Foto: Pixabay/monicore)

Sama seperti EDT, eau de cologne (EDC) atau lebih yang sering disebut cologne dijual dengan harga yang lebih murah karena kandungan minyak pewangi dalam EDC hanya sekitar 5%.

EDC hanya akan bertahan sekitar dua jam sehingga harus disemprotkan berulang kali ke badan agar wangi bisa tahan lebih lama. (Bel)

Baca juga:

Coba Cek, Sudah Benar Belum Cara Kamu Pakai Parfum



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH