Kesehatan
Kenali Pemicu Keinginan Makan yang Asin-Asin Keinginan melahap makanan asin berhubungan dengan lingkungan atau gaya hidup. (Foto: freepik/azerbaijan_stocker)

KAMU pasti sering mendengar tentang bahaya mengonsumsi terlalu banyak gula, tetapi tidak demikian dengan garam. Padahal banyak orang yang sering kepingin makanan asin. Lalu apakah itu mengganggu kesehatan, dan apa yang dapat kamu lakukan?

Sebagian besar penjelasan keinginan melahap makanan asin berhubungan dengan lingkungan atau gaya hidup. Jadi jika kamu merasa tidak bisa mengendalikan diri di sekitar makanan asin, ketahuilah bahwa kamu dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Baca juga:

Lezat, Makanan Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat

Saat kelelahan dan stres, kondisi itu dapat secara nyata memengaruhi nafsu makan. Keduanya membuat kamu mendambakan comfort food karena pengaruhnya terhadap kadar hormon dalam tubuh.

Bagi sebagian orang, stres membungkam sinyal rasa lapar. Sementara bagi yang lain stres memperkuatnya. Jika kamu tergolong orang yang membutuhkan camilan atau makanan gurih saat kelelahan, kamu mungkin termasuk kelompok yang nafsu makannya meningkat karena stres.

"Lain kali, ketika kamu merasa menginginkan makanan yang asin-asin, periksa tingkat stres secara keseluruhan. Stres dapat memengaruhi kelenjar adrenal Anda dan kemampuannya untuk mengatur natrium. Ini sering dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk garam," kata Elysia Cartlidge, MAN, RD, ahli diet terdaftar di Ontario, Kanada.

Kekurangan natrium

Kenali Pemicu Keinginan Makan yang Asin-Asin
Olahraga menyebabkan tubuh mendambakan lebih banyak garam untuk menggantikan natrium yang hilang. (Foto: freepik/fxquadro)

Selain lelah dan stres, keinginan makan makanan asin juga dapat berarti tubuh mengirimkan sinyal kurangnya asupan natrium. Oleh karena itulah, meskipun olahraga teratur sangat bagus untuk kesehatan, kebiasaan ini mungkin juga berkontribusi pada keinginan akan makanan asin.

Peningkatan keringat dari olahraga membuatmu kehilangan natrium. Natrium adalah elektrolit, yang keluar dari tubuh saat berkeringat, Itulah mengapa minuman berenergi mengandung elektrolit.

"Jika kamu telah berolahraga dan berkeringat berlebihan, peningkatan jumlah keringat dapat mengakibatkan hilangnya natrium dari tubuh. Ini menyebabkan tubuh mendambakan lebih banyak garam untuk menggantikan natrium yang hilang," kata Cartlidge seperti diberitakan Real Simple.

Hal itu bukan berarti kamu harus mengurangi olahraga, kecuali kamu benar-benar terlalu memaksakan diri saat melakukannya. Namun, kamu dapat memilih sumber natrium dengan lebih hati-hati, dan ingatlah untuk tetap terhidrasi, tidak hanya setelah berolahraga tetapi sepanjang hari.

Minum minuman elektrolit setelah berkeringat dapat membantu memenuhi pengisian elektrolit dan hidrasi. Namun, ingat bahwa meminum minuman berenergi sepanjang waktu bukanlah cara paling sehat untuk menyeimbangkan elektrolit. Sumber elektrolit terbaik adalah makan makanan seimbang, seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca juga:

Makanan Sehat Bantu Mempercepat Pemulilhan Setelah Operasi

Pengaruh kondisi lain

Kenali Pemicu Keinginan Makan yang Asin-Asin
Fluktuasi hormonal memperkuat isyarat lapar dan keinginan akan makanan yang membuat nyaman. (Foto: freepik/teksomolika)

Banyak kemungkinan alasan mengapa kamu sering menginginkan makanan asin dapat dijelaskan oleh faktor-faktor yang dikendalikan. Namun, ada beberapa contoh di mana keinginan menyantap makanan asin tidak dalam kendalimu. Cartlidge mengatakan, kondisi kesehatan seperti penyakit Addison dan sindrom pramenstruasi (PMS) adalah penyebab potensial.

"Penyakit Addison adalah kondisi langka yang terjadi ketika kelenjar adrenal rusak dan tidak dapat membuat cukup hormon kortisol dan terkadang aldosteron," jelasnya.

Hormon-hormon ini berperan dalam menyeimbangkan kadar cairan dan natrium dalam tubuh. Jika tubuh tidak menahan garam, hal itu dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk makan makanan asin dan camilan.

Siklus menstruasi juga bisa menjadi faktor. Ini karena fluktuasi hormonal memperkuat isyarat lapar dan keinginan untuk menyantap makanan yang membuat kamu merasa nyaman.

Jika kamu merasa mengidam garam yang tak terpuaskan mungkin disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya, hubungi dokter. Mungkin ada cara untuk mengelola kesehatan dan secara bersamaan menenangkan keinginan akan makanan asin-asin.

Jangan terlalu membatasi diri

Kenali Pemicu Keinginan Makan yang Asin-Asin
Secara bertahap kurangi asupan garam dan bukan sama sekali tidak mengonsumsi makanan asin. (Foto: freepik/Drazen Zigic)

Jika kamu telah mencoba mengurangi garam tapi gagal terus. Mungkin kamu telah menerapkan beberapa aturan yang terlalu ketat pada diri sendiri. Menghilangkan semua garam tambahan dalam makanan tampak logis secara teori. Tapi terlalu banyak aturan dan pembatasan dapat memiliki efek sebaliknya.

"Dari sudut pandang psikologis, pembatasan yang disengaja terhadap makanan yang pernah kamu nikmati mengarah ke fiksasi berlebihan, dan tiba-tiba makanan itu menjadi satu-satunya yang kamu pikirkan," kata ahli gizi dan nutrisi terdaftar Jamie Lee McIntyre di Connecticut, AS.

"Ketika kita mencoba memaksakan diri ke dalam aturan kaku tentang tidak ada makanan asin, itu menjadi topik utama dari pemikiran makanan kita, membuat kamu akhirnya mencarinya, dan ini sering mengarah pada tindakan konsumsi berlebihan," dia mengingatkan.

Jadi, tetapkan tujuan yang realistis. Jika kamu menetapkan tujuan yang tidak realistis, kamu mungkin merasa kecil hati jika tidak mencapainya. Mulailah perlahan dan secara bertahap kurangi asupan garam alih-alih menghentikannya sekaligus. (aru)

Baca juga:

Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Penyebab Migrain

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ragam Hajatan Tradisi Orang Bali Menyambut Bayi
Indonesiaku
Ragam Hajatan Tradisi Orang Bali Menyambut Bayi

Anak-anak di Bali merasakan sejumlah upacara adat sejak kecil

Mengenal Beragam Kebaya dan Keindahan Koleksi Produk Lokal
Fashion
Mengenal Beragam Kebaya dan Keindahan Koleksi Produk Lokal

Kebaya memiliki filosofi yang melambangkan kesederhanaan.

Transformasi Rumah Sakit Permata Ibu Menjadi Brawijaya Hospital Tangerang
Fun
Transformasi Rumah Sakit Permata Ibu Menjadi Brawijaya Hospital Tangerang

Bertransformasi, Rumah Sakit Permata Ibu kini berubah menjadi Brawijaya Hospital Tangerang.

Menimbang Penghentian Izin Baru Exchange Kripto di Indonesia
Fun
Menimbang Penghentian Izin Baru Exchange Kripto di Indonesia

Bappebti mengeluarkan surat edaran tentang penghentian penerbitan perizinan kripto.

Zion Williamson: Hampir 80 Persen Pemain NBA Penggemar Anime
Fun
Zion Williamson: Hampir 80 Persen Pemain NBA Penggemar Anime

Mulai dari anime Dragon Ball Z hingga One Piece.

Pembalap WSBK Jonathan Rea Raih Gelar OBE dari Istana Buckingham
Hiburan & Gaya Hidup
Pembalap WSBK Jonathan Rea Raih Gelar OBE dari Istana Buckingham

Kini sejajar dengan legenda balap seperti Joey Dunlop dan John Surtees.

Intip 4 Karakter Utama 'Ghost Doctor'
Fun
Intip 4 Karakter Utama 'Ghost Doctor'

tvN merilis poster terbaru 'Ghost Doctor'.

Piaggio Indonesia Rilis Helm Vespa Klasik
Fun
Piaggio Indonesia Rilis Helm Vespa Klasik

Piaggio Indonesia meluncurkan Genuine Vespa Helmet seri Heritage dengan desain yang lebih elegan.

Netflix Digugat atas Pencemarkan Nama Baik di Serial 'Inventing Anna'
ShowBiz
Netflix Digugat atas Pencemarkan Nama Baik di Serial 'Inventing Anna'

Serial Inventing Anna diangkat dari kisah nyata.

Inspirasi Outfit untuk Ke Konser
Fashion
Inspirasi Outfit untuk Ke Konser

Tetap tampil gaya di konser musik.