Parenting
Kenali Manfaat Self-esteem Bagi Perkembangan Anak Kenali manfaat self-esteem pada anak (Foto: pixabay/qimono)

SISTEM Self-esteem merupakan sebuah istilah yang memiliki arti sebagai kepercayaan diri. Tentunya kepercayaan diri sangat penting bagi kita, khususnya untuk membangun konsep diri yang lebih baik.

Self-esteem merupakan kunci terhadap perkembangan anak yang wajib orang tua berikan. Hal tersebut akan memengaruhi masa depannya, terutama pada jenjang pendidikan yang ditempuh.

Baca Juga:

Pentingnya Orangtua Menghargai Potensi Anak

Tapi, sejumlah orang tua terlalu mengandalkan pendidikan formal dan informal kala sedang sibuk mengurus pekerjaan. Hal itu bisa menyebabkan anak kurang memperoleh perhatian, yang bisa mengakibatkan timbulnya perilaku buruk.

Mengenai hal itu, menurut Ni Made Putri Ariyanti, M.Psi., Psikolog, tim aplikasi konsultasi psikologi online Riliv, peran orang tua sangat penting untuk perkembangan potensi anak.

"Seharusnya sebelum anak memasuki lingkup pendidikan formal maupun informal, hendaklah orang tua mengajarkan terlebih dahulu bagaimana cara menghargai diri sendiri supaya anak tidak selalu minder, beradaptasi secara baik, dan dapat menguatkan motivasi saat mendapat kegagalan," jelas Putri, pada siaran pers yang diterima merahputih.com.

peran orang tua sangat penting untuk perkembangan potensi anak. (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

Putri menambahkan apabila hal tersebut sudah dilakukan oleh orang tua, maka anak akan belajar menerima segala sesuatu apa adanya. Putri berharap, orang tua jangan mengabaikan self-esteem. Sebab, self esteem rendah yang dimiliki anak, bisa berdampak pada sulit membangun pertemanan, sulit menjalin komunikasi, dan selalu mengandalkan orang lain.

Padahal, sebenarnya anak tersebut menyimpan kelebihan yang dia sendiri malas untuk mencari tahu. Jadi, anak tersebut merasa bahwa dirinya tak bisa apa-apa.

Baca Juga:

Pentingnya Kualitas Udara di Ruang Belajar Anak

Untuk itu, orang tua harus mengetahui bahwa sang anak bisa memulai menghargai diri sendiri, lewat kebiasaan sehari-hari. Selain itu, penting juga bagi para orang tua, untuk mengetahui tanda-tanda self-esteem tinggi pada anak.

Tanda self esteem tinggi pada anak yang pertama ialah bersyukur dengan pencapaiannya. Apapun hasil yang diraih, sang anak merasa cukup atas jerih payahnya selama ini. Meski dia menyadari bahwa apa yang ada saat ini hanya merupakan awal untuk memulai langkah selanjutnya.

Bila sudah demikian, orang tua hanya perlu menguatkan mental anak dan menyatakan pentingnya bersyukur. Jangan cepat berbangga diri lantaran masih ada tantangan menanti selanjutnya.

Tanda self esteem tinggi yang kedua yakni memahami berbagai kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Kelebihan dan kekurangan selalu berdampingan dalam hidup, bukan sebuah masalah apabila anak menyadari kekurangan pada dirinya.

Itu merupakan hal yang wajar dari sebuah proses memahami diri. Dengan mengerti tentang segala kekurangan, pola pikir sang anak bisa berubah, dan menjadi fokus untuk menekuni kelebihannya di sejumlah bidang.

Orang tua harus menguatkan mental anak. (Foto: pixabay/olichel)

Tanda yang ketiga yaitu mampu memotivasi agar kuat menghadapi tantangan. Menghadapi tantangan adalah cara anak belajar memperluas pemikirannya.

Kendati terkadang anak mengalami kesulitan dan sampai gagal menyelesaikan, dengan motivasi untuk menguatkan semangat anak, dia akan beranjak bangkit memperbaiki kesalahan yang dilakukan. Untuk memperkokoh prinsip sang anak, orang tua harus selalu mendukung demi kegigihan sang buah hati, yang akan menunjukan prestasi terbaiknya.

Tanda keempat yakni anak bisa mengatur keseimbangan emosional. Anak dengan kemampuan self-esteem yang tinggi akan mudah mengelola berbagai emosi pada diri sendiri.

Bayangkan apabila dia meluapkan emosi tanpa ada sebab yang jelas, orang tua terkesan heran melihat tingkah laku anak. Karena itu, keseimbangan emosional diperlukan guna terhindar dari perilaku agresif saat anak marah ketika keinginan tidak terpenuhi.

Tanda yang terakhir ialah anak suka belajar hal-hal baru. Menambah wawasan dan pengetahuan serta meningkatkan kemampuan diri adalah salah satu tanda-tanda anak mencoba self esteem. Semakin besar antusias anak dalam belajar hal-hal baru, ia akan mudah beradaptasi terhadap keadaan yang selalu berubah. (ryn)

Baca Juga:

Anak Murung tak Melulu Jadi Pertanda Depresi

Menjadikan Anak Pemimpin yang Tegas
Fun
Instagram Luncurkan Fitur Pengawasan Orangtua
Fun
Menjadikan Anak Pemimpin yang Tegas
Fun
Instagram Luncurkan Fitur Pengawasan Orangtua
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bayi Sagitarius Cenderung Cerdas dan Imajinatif
Fun
Bayi Sagitarius Cenderung Cerdas dan Imajinatif

Bayi sagitarius cenderung aktif dan gampang bosan.

Skin Boba Fett Sudah Tersedia di 'Fortnite'
Fun
Skin Boba Fett Sudah Tersedia di 'Fortnite'

Pemain bisa bermain dalam bentuk skin boba fett si pemburu hadiah ikonik.

Telusuri Bahaya Depresi Pada Anak
Hiburan & Gaya Hidup
Telusuri Bahaya Depresi Pada Anak

Depresi pada anak dapat membatasi kemampuannya untuk beraktivitas secara normal.

Berkaca dari Aliando Syarief, Apa itu OCD?
Fun
Berkaca dari Aliando Syarief, Apa itu OCD?

Aliando Syarief didiagnosis OCD dan membuatnya sulit melakukan aktivitas.

Watch S1, Jam Tangan Pintar Terbaru Rilisan Xiaomi
Fun
Watch S1, Jam Tangan Pintar Terbaru Rilisan Xiaomi

Intip spesifikasi Xiaomi Watch S1.

Hindari Impulsive Buying, Dompet Aman
Hiburan & Gaya Hidup
Hindari Impulsive Buying, Dompet Aman

Impulsive buying tanpa perencanaan matang berisiko membuat rekeningmu kering kerontang.

Fesyen Terbaik Dari Karpet Merah Emmy 2022
ShowBiz
Fesyen Terbaik Dari Karpet Merah Emmy 2022

Deretan potret aktor dan aktris di karpet merah Emmy Awards 2022.

3 Negara Teraman untuk Solo Traveler Terutama Perempuan
Travel
3 Negara Teraman untuk Solo Traveler Terutama Perempuan

Memilih melancong sendirian, terutama bagi perempuan, ngeri-ngeri sedap.

Kunci Membeli Speaker Bluetooth dengan Kualitas Terbaik
Fun
Kunci Membeli Speaker Bluetooth dengan Kualitas Terbaik

Tidak semua speaker bluetooth memiliki kualitas baik.