Kenali Manfaat Air Mineral Dibadingkan Air Putih Biasa Air mineral memilki banyak manfaat dibandingkan air putih. (Foto: New Straits Times)

AIR minum sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang wajib dikonsumsi. Selain menghilangkan rasa dahaga, air ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Akui saja, pasti kamu beranggapan air mineral dan air putih itu sama. Pada kenyataannya, kedua jenis air ini sebenarnya berbeda meskipun sekilas tampak serupa.

Baca juga:

5 Tips Membantu Bayi Mengembangkan Keterampilan Bahasa

Air mineral dapat menggantikan makanan sebagai sumber asupan mineral untuk tubuh kita. Selain itu, mengutip Alodokter, air mineral merupakan air yang telah dilengkapi dengan kandungan mineral dan senyawa alami lain di dalamnya. Tidak semua sumber air dapat menghasilkan mineral. Kamu bisa menemukan air mineral di daerah yang kaya akan kandungan mineral saja.

Lalu, apa perbedaan air mineral dengan air putih?

Kenali Manfaat Air Mineral Dibadingkan Air Putih Biasa
Air mineral hanya ditemukan di daerah tertentu saja. (Foto: Waterlinks Hong Kong)

Walaupun memiliki wujud, warna, dan rasa yang mirip, air mineral dan air putih tidaklah sama. Kedua air ini memiliki perbedaan dari segi sumber, proses pengolahan, maupun kandungannya.

Melansir dari laman Alodokter, air mineral diambil dari sumber mata air pegunungan vulkanik yang kaya akan mineral alami. Agar kemurniannya tetap terjaga, air mineral diolah tanpa menambahkan zat apapun. pH atau derajat keasaman air mineral biasanya antara enam sampai 8,5.

Baca juga:

Yuk Masak Sendiri Selama 'Self Isolation' dari Virus Corona

Sedangkan air putih hanya memiliki pH antara lima sampai 7,5. Air putih biasa didapatkan dari sungai, danau, atau sumur. Ada banyak proses penyaringan sebelum akhirnya dikonsumsi oleh masyarakat.

Hal ini secara tidak langsung membuat kandungan mineral air putih berkurang. Jika diteliti lebih dalam, air putih bisa saja mengandung bakteri dan parasit dari kotoran manusia atau hewan. Oleh karena itu sebelum dikonsumsi, lebih baik air putih dimasak terlebih dahulu.

Kenali Manfaat Air Mineral Dibadingkan Air Putih Biasa
Air putih melewati beberapa tahap sampai akhirnya bisa dikonsumsi. (Foto: Pioneer Press)

Air mineral mengandung beragam mineral, antara lain magnesim, kalsium, natrium, dan selenium. Kandungan inilah yang justru bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi air mineral juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Faktanya, air mineral terbukti bisa menjadi sumber kalsium yang setara dengan susu. Adapun kandungan magnesium dan bikarbonat yang ada di dalam mineral yang dapat memelihara kesehatan tulang.

Selain tulang, air mineral juga bermanfaat untuk sistem pencernaan. Magnesium dan natrium yang terkandung dalam air mineral terbukti dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Magnesium juga dipercaya dapat meningkatkan pergerakan usus. (And)

Baca juga:

Koleksi Pakaian Terbaru Ini Anti Keringat



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH