Kenali Jerawat dari Letaknya

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 26 November 2019
Kenali Jerawat dari Letaknya
Beda letak jerawat beda cara penanganan. (Foto: Pixabay/6335159)

BICARA jerawat memang tidak ada habisnya. Si kecil yang bisa bikin bete berbulan-bulan. Jerawat umumnya mulai muncul di masa pubertas tetapi bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Apalagi jika kamu tidak mengenal jenis kulit sendiri. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter kulit untuk menanyakan jenis serta penanganan yang tepat ketika terjadi iritasi dan jerawat.

Melansir dari skincarebylana.com, ternyata salah satu penyebab utama jerawat tak kunjung sembuh bukan hanya karena kita tidak mengenal jenis kulit masing-masing. Letak jerawat di permukaan wajah membutuhkan perawatan yang berbeda. Kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini. Itu lah sebabnya jerawat menjadi sulit untuk disembuhkan. Simak ulasan menarik berikut ini.

Baca Juga:

5 Cara Sederhana Menangani Masalah Jerawat Menggunakan Minyak Jarak


1. Pipi

jerawat
Menjaga kebersihan benda sekitar untuk menghindari jerawat di pipi. (Foto: Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Jerawat yang terletak di pipi merupakan yang paling populer dan sering terjadi. Biasanya jerawat di pipi muncul bukan karena perubahan hormon semata. Jerawat ini muncul karena terpapar kuman dan bakteri yang berasal dari sarung bantal, permukaan ponsel dan ujung jari.


2. Hidung

jerawat
Hidung merupakan area wajah paling berminyak. (Foto: Pixabay/Schwerdhoefer)


Hidung termasuk ke dalam kategori daerah T-zone di mana kelenjar minyak paling banyak diproduksi. Akibatnya tumpukkan lemak yang terlalu banyak akan mengeras dan berubah menjadi jerawat. Kamu bisa mencegahnya dengan rutin melakukan eksfoliasi pada daerah ini. Jangan lupa selalu membersihkan wajah sebelum tidur agar kulit semakin bersih.

Baca Juga:

5 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Jerawat

3. Dagu

jerawat
Perubahan hormon bisa dilihat dari kemunculan jerawat di sekitar dagu. (Foto: Pixabay/34680)


Jerawat yang muncul di dagu merupakan indikasi dari perubahan hormon yang cukup drastis. Biasanya terjadi saat perempuan memasuki masa PMS atau memasuki usia lanjut. Penggunaan obat-obatan tertentu yang membuat hormon naik turun juga berpotensi membuat jerawat di sekitar dagu semakin banyak.


4. Dahi

wajah
Atur pola tidur agar jerawat di dahi cepat pergi. (Foto: Pixabay/geralt)


Salah satu area di permukaan wajah yang menghasilkan produksi minyak cukup banyak selain hidung adalah dahi. Maka tidak heran jika jerawat betah berlama-lama di area tersebut. Selain itu mood dan pola tidur juga mempengaruhi kemunculan jerawat di sekitar dahi. Sudah saatnya kamu mulai menerapkan hidup sehat dengan mengatur jam tidur dan kebersihan benda-benda sekitar. (mar)


Baca Juga:

Mengenal Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

#Jerawat
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan