Kenali Jenis Teh dan Khasiatnya Teh terbagi dalam berbagai jenis dan manfaatnya. (Foto: Pexel/Pixabay)

SEJAK ribuan tahun lalu teh telah menjadi kunci bagi kesehatan, kebahagiaan, dan pengetahuan bagi manusia. Tak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk meneliti manfaat dan khasiat teh berdasarkan jenisnya.

Terlepas dari jenisnya, kandungan kafein dan theanine dalam teh sangat baik bagi otak dan kesadaran mental. Kafein dalam teh yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi dapat meningkatkan semangat kamu tanpa menyebabkan susah tidur.

Selain itu, kandungan flavonoid dalam teh juga baik untuk kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko kanker.

Karena banyak jenisnya, masuk akal jika jenis teh memberikan manfaat dan khasiat yang berbeda. Menurut laman Go Dok berikut penjelasannya:


1. Teh hijau

teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan. (Foto: Pexels/rawpixel.com)


Didapat dari daun teh yang telah diuapi, jenis teh yang satu ini mengandung antioksidan yang dapat menekan pertumbuhan beberapa jenis kanker. Seperti kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, pankreas, dan kanker yang menyerang usus besar serta rektum. Selain itu, teh hijau juga terbukti mampu mencegah penyumbatan darah pada arteri, meminimalisir kemungkinan munculnya alzheimer dan parkinson, mengurangi risiko stroke, serta memperbaiki kadar kolesterol baik dalam tubuh.


2. Teh hitam

teh hitam
Teh hitam lebih banyak mengandung kafein. (Foto: hindustantimes)


Dibuat dengan memfermentasi bagian daun, jenis teh ini mengandung kafein lebih banyak dari jenis yang lain. Teh hitam berkhasiat untuk melindungi paru-paru dari kerusakan yang diakibatkan oleh merokok serta mampu mengurangi risiko stroke.


3. Teh putih

teh putih
Teh putih mencegah kanker. (Foto: Teabox)


Dihasilkan dari daun teh yang tidak melaui proses fermentasi atau penguapan, teh putih merupakan jenis teh yang paling murni. Oleh karenanya, teh putih dianggap memiliki khasiat lebih untuk mencegah kanker jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya.


4. Teh oolong

teh oolong
Teh oolong mengurangi kolesterol. (Foto: doctoroz)


Antioksidan dalam teh oolong terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, Wuyi yang merupakan variasi teh ini dijual luas dipasaran sebagai suplemen yang berfungsi untuk mengurangi berat badan.


5. Teh pu-erh

teh pu-erh
Teh pu-erh menurunkan kolesterol jahat. (Foto: servingjoy)


Karena dibuat dari daun teh yang diawetkan untuk kemudian difermentasi. Teh pu-erh terbukti mampu menurunkan berat badan serta mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH