Kenali Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules Agung Hercules (Foto: Instagram/@agunghercules88)

SAAT ini Agung Hercules tebaring di rumah sakit karena penyakit serius yang dideritanya. Jarang terlihat di layar kaca, komedian itu rupanya menderita kanker otak. Dirinya dirawat di RSUD Tangerang.

Tepatnya Agung menderita sakit glioblastoma, yaitu kanker otak kiri stadium 4. Pertumbuhan sel kankernya dikabarkan tumbuh begitu cepat. Kanker otak biasanya memang diawali dengan kemunculan tumor pada otak.

Jika enggak cepat ditangani, tumor tersebut berkembang menjadi ganas dan menyebar dengan cepat ke bagian lain. Bahkan hingga ke bagian tulang belakang sekalipun. Lalu, sebenarnya apa saja sih gejala kanker otak?

Tumor tumbuh di otak pada penderita kanker otak (Foto: pixabay/VSRao)

Menurut laman Go Dok, kanker otak sulit dideteksi karena enggak menimbulkan gejala. Kecuali jika melalui tes CT Scan atau MRI. Artinya ada beberapa kemungkinan penyakit lain yang bisa menjadi penyebabnya.

Gejala-gejala tersebut disebabkan oleh sel tumor yang menekan atau mengganggu bagian otak lainnya dan mencegahnya untuk berfungsi normal. Kemudian, gejala tersebut juga disebabkan oleh tumor atau radang di sekitarnya.

Baca juga:

Obat Kanker Tangkal Autisme

Adapun gejala kanker otak yang terlihat seperti sakit kepala, kelemahan, dan kecanggungan. Penderita kanker otak juga dapat merasakan gejala seperti kesulitan berjalan hingga kejang-kejang.

Ingatan penderita kanker otak juga berubah (Foto: Pixabay/StockSnap)

Meskipun begitu, kanker otak juga memiliki gejala non spesifik. Misalnya seperti perubahan status mental pada penderita. Kemudian adanya perubahan konsentrasi, ingatan, perhatian, atau kewaspadaan.

Biasanya penderita juga merasa mual dan muntah. Mereka juga memiliki kelainan pada fungsi penglihatan dan ketika berbicara. Dapat terlihat juga adanya perubahan bertahap dalam kapasitas intelektual atau respons emosional pada penderita kanker otak.

Itulah gejala kanker otak yang perlu kamu ketahui. Jika kamu atau ada kenalan kamu yang mengalami gejala tersebut. Segera berkonsultasi dengan dokter. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH