Kesehatan

Kenali Gejala-Gejala Hernia

Febrian AdiFebrian Adi - Rabu, 10 Mei 2023
Kenali Gejala-Gejala Hernia
Gejala hernia bisa bervariasi tergantung pada jenis, lokasi dan tingkat keparahannya. (Foto: Unsplash/Victor)

HERNIA atau turun berok adalah suatu kondisi ketika otot dan jaringan ikat pada dinding perut melemah dan menyebabkan organ di dalamnya terdorong ke luar dari posisinya. Kondisi ini biasanya menyebabkan timbulnya tonjolan, terutama pada area perut dan selangkangan.

Seperti dikutip dari Alodokter, Senin (8/5), gejala hernia bisa bervariasi tergantung pada jenis, lokasi, dan tingkat keparahannya. Namun, hernia umumnya ditandai dengan timbulnya tonjolan pada sekitar perut dan selangkangan. Jika tidak segera ditangani, hernia bisa memburuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan kematian jaringan.

Baca juga:

Tetap Olahraga Meski Sedang Menstruasi

Melemahnya otot dan jaringan ikat ini disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam rongga perut. (Foto: Unsplash/Victor)

Melemahnya otot dan jaringan ikat ini disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam rongga perut, seperti sering melakukan pekerjaan yang melibatkan angkat beban berat, batuk kronis, sembelit hingga pernah melakukan operasi perut atau panggul.

Tergantung pada penyebabnya tersebut, hernia bisa memburuk dengan cepat atau terjadi secara bertahap dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali gejala hernia, sehingga penanganan yang tepat pun bisa diberikan.

Gejala hernia bisa bervariasi tergantung pada jenis, lokasi dan tingkat keparahannya. Bahkan pada sebagian kondisi hernia, khususnya pada hernia tahap awal, tidak ada gejala yang dikeluhkan.

Normalnya penderita baru akan menyadari bahwa dirinya memiliki hernia ketika sedang menjalani pemeriksaan fisik rutin yang tidak terkait dengan penyakit hernia.

Gejala hernia yang disadari umumnya berupa munculnya benjolan di sekitar perut atau lipatan paha. Benjolan hernia pun bisa hilang dan timbul. Ini artinya benjolan akan menghilang saat penderitanya berbaring, tetapi akan muncul kembali saat penderitanya berdiri.

Selain ditandai dengan munculnya benjolan, hernia juga ditandai oleh beberapa gejala lainnya. Berikut adalah gejala hernia yang mungkin terjadi:

1. Nyeri atau rasa tidak nyaman di area munculnya benjolan, terutama saat batuk berdiri, mengejan, atau mengangkat benda berat.

2. Bengkak di kantung zakar, jika terjadi hernia scrotalis pada pria.

3. Asam lambung naik.

4. Mual dan muntah.

5. Sembelit.

Baca juga:

Benarkah Olahraga Angkat Beban Bisa Sebabkan Hernia?

Hernia adalah suatu kondisi ketika otot dan jaringan ikat pada dinding perut melemah. (Foto: Unsplash/Dogukan)

Bila sudah terukur sangat parah, penanganan hernia harus melalui sebuah operasi. Operasi ini umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu operasi terbuka dan laparaskopi. Operasi-operasi tersebut dilakukan dengan cara memperbaiki otot dan jaringan ikat yang lemah dan menjahit lubang tempat terjadinya hernia. Dengan demikian, gejala hernia pun dapat teratasi.

Namun, sebelum melakukan operasi, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu untuk menilai tingkat keparahan hernia. Setelah itu, barulah dokter dapat menentukan jenis penanganan yang tepat, termasuk jenis operasi untuk mengatasi gejala hernia yang diderita. (far)

Baca juga:

Ketahui Penyakit Hernia Pada Perempuan

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan