Kenali Alergi pada Bayi dengan Gejala Berikut Alergi dapat muncul dengan berbagai gejala. (Foto: parentsneed)

MEMILIKI bayi yang sehat merupakan harapan semua orang tua. Tapi adakalanya si kecil rewel karena terinfeksi virus. Kalau sudah demikian, orang tua pun cemas dan bertanya-tanya apa penyebab si kecil sakit. Jika si kecil pernah tiba-tiba rewel tanpa sebab, bisa jadi ia memiliki alergi tertentu.

Untungnya, alergi mudah ditangani dan tak akan bertahan lama. Segera temui dokter dan kenali alergi yang dialami si kecil. Dengan mengetahu penyebabnya dan tanda-tandanya, alergi pada bayi lebih mudah ditangani. Berikut tanda-tanda si kecil mengalami alergi:

1. Pilek atau Hidung Tersumbat

Salah satu gejala umum alergi pda bayi adalah hidung yang mudah berair. Jangan khawatir apabila bayi pilek. Ia hanya demam ringan. Apabila pilek terjadi terus-menerus segera periksakan ke dokter THT. Bernapas melalui mulut pada bayi merupakan salah satu tanda-tanda alergi. Alergi tersebut bisa terjadi di dalam atau luar ruangan.

2. Batuk

Batuk merupakan proses alami yang membantu kita untuk membersihkan kerongkongan. Jika si kecil memiliki batuk kering yang terjadi secara konstan, segera bicara dengan dokter anak. Lakukan tes alergi pada anak. Jangan berikan obat tanpa resep dokter.

Baca juga: Stres Sebabkan Anak Sulit Tidur, Ini Penjelasannya

alergi anak
Segera mencari bantuan medis bila tidak bisa ditangani sendiri. (Foto: pinterest)

3. Mata Merah

Mata merah disebabkan oleh virus. Namun bisa juga disebabkan oleh alergi. Ketika mengalami alergi, mata bayi bisa menjadi kemerahan. Dalam kondisi terparah, mata bayi bisa tertutup dan menempel. Kondisi ini biasanya disertai dengan pilek dan gatal-gatal. Mata merah yang disebabkan oleh alergi tak menular. Temui dokter dan dokter akan mendiagnosa penyebab alergi pada anak. Mata yang merah biasanya disebabkan oleh alergi terhadap debu.

4. Ruam

Ruam atau eksim pada anak terjadi selama beberapa hari. Kita tak perlu cemas jika eksim terjadi 2-3 hari. Eksim pada bayi terjadi karena bayi sensitive terhadap jenis pakaian atau sabun tertentu. Apabila ruam terjadi dalam kurun waktu cukup lama, segera periksa ke dokter.

5. Gatal-Gatal

Gatal-gatal pada bayi biasanya terjadi 4-5 hari. Penyebab gatal-gatal biasanya karena si bayi alergi terhadap makanan, jenis obat tertentu, serangga, atau infeksi lainnya. Bicarakan dengan dokter untuk menentukan jenis alergi yang mungkin dialami si kecil. Jika penyebabnya adalah obat, selalu katakan pada dokter. Dengan demikian, dokter bisa menghindari jenis obat tertentu.

alergi anak
Selalu perhatikan gejala alergi yang muncul. (Foto: Pexels/Pixabay)

6. Sakit Perut

Sakit perut disebabkan oleh bakteri. Pada bayi, ini merupakan gejala yang paling sering ditemui jika si kecil alergi terhadap makanan. Tanda-tandanya adalah bayi muntah, diare, muncul darah dari bokong. Setiap kali menyuapi si kecil makanan yang diduga penyebab alergi, tunggu hingga dua jam. Tanda-tanda tersebut akan segera muncul. Jika kau melihat tanda-tanda tersebut pada si kecil, bawa mereka ke dokter, lakukan serangkaian tes untuk mengetahui alergi secara spesifik.

7. Sulit Tidur

Bayi yang baru lahir biasanya akan menangis di malam hari. Tetapi jika hal ini terjadi ketika si bayi beranjak besar, penyebabnya biasanya karena tumbuh gigi. Bayi yang terjaga pada malam hari juga bisa disebabkan oleh alergi. Konsultasikan ke dokter untuk melakukan tes alergi.

alergi anak
Selalu perhatikan tumbuh kembang si kecil. (Foto: nbcbews)

8. Sakit Telinga

Gejala alergi yang paling umum terjadi adalah batuk, hidung tersumbat, mata merah, dan gatal-gatal. Tahukah kau bahwa sakit telinga juga gejala alergi? Sakit dan infeksi telinga pada bayi mengindikasi adanya alergi pada anak. Sakit telinga tersebut diiringi dengan gejala lain seperti telinga memerah, permasalahan pada pendengaran dan pusing. Sakit telinga biasanya disebabkan karena anak alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Itulah beberapa gejala alergi yang biasa terjadi pada anak-anak. Segera periksa ke dokter untuk menjalani serangkaian tes untuk mengetahui jenis alergi pada anak. Dengan mengetahui pemicu alergi, kita bisa menghindarinya. (avi)

Baca juga: Berikan Edukasi Seks Ke Anak Sejak Dini Melalui Media Ini

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH