Kenali Fitur Tersembunyi WhatsApp, Chat Tanpa Harus Mengetik di Kibor Fitur ketika suara pada WhatsApp sangat membantu. (Foto: Pixabay/antonbe)

MUNGKIN kamu pernah mendengar istilah Oke Google. Istilah itu mengacu pada layanan milik Google. Layanan tersebut untuk mencari berbagai hal di Google tanpa harus mengetikan kata kunci cukup dengan suara.

Salah satu fitur andalan Google itu memang telah terbukti cukup membantu masyarakat yang hendak browsing tanpa mengetik.

Nah seperti yang dilansir dari berbagai sumber, belum lama ini, salah satu fitur Google tersebut telah diadopsi oleh WhatsApp. Tapi sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat tersembunyi dari fitur WhatsApp yang satu ini. Kebanyakan orang hanya sekedar mengetik pesan biasa, voice note atau mengunggah berbagai status WhatsApp.

(Foto: pixabay/heikoal)

Salah satu fitur yang belum banyak diketahui oleh banyak orang adalah menulis pesan di whatsapp tanpa harus menyentuh layar ponsel melainkan hanya dari suara saja.

Untuk cara kerjanya, hampir serupa dengan Ok Google. WhatsApp akan langsung menangkap sensor suara, setelah itu langsung memindainya sebagai tulisan pesan. Sangat menarik untuk para pengguna Whatsapp yang malas menulis pesan.

Fitur sensor suara WhatsApp tersebut sangat berguna untuk pengemudi mobil atau kamu yang tengah sibuk beraktivitas yang tak memungkinkan untuk menulis pesan seperti biasa dengan kibor. Seperti contoh, pada drama Korea kamu mungkin kerap melihat sang aktor menyetir mobil dan ponsel diletakan di depan stir. Hanya dengan satu klik saja lalu berbicara dan otomatis pesan akan tertulis dilayar ponsel.

Tapi walau sekilas fitur sensor suara itu tampak sangat menarik, fitur ini hanya dapat menangkap bahasa yang formal saja. Seperti halnya jika kamu mengucapkan dalam bahasa daerah, biasanya pesan yang tampil di layar ponsel kamu tak sesuai dengan yang diucapkan. Bahkan tak jarang pesan yang tampil sangat nyeleneh, jadi kamu harus mengulangi menulis pesan dengan cara manual yaitu mengetik dengan menggunakan kibor.

Tombol sensor suara WhatsApp letaknya berbeda pada setiap ponsel. Untuk kibor biasanya memang akan ditandai dengan simbol mikrofon. Namun dalam beberapa ponsel, simbol mikrofon tersebut terletak di tombol enter atau spasi.

(Foto: screenshot whatsapp)

Untuk menggunakan fitur tersebut, pertama buka kibor untuk mengetik seperti biasa. Pada kibor tersebut terdapat simbol mikrofon. Kemudian kamu tinggal mengklik simbol mikrofon itu tahan sebentar hingga muncul tampilan saat merekam suara. Nah setelah itu kamu tinggal ucapkan saja pesan yang ingin ditulis nantinya. Mudah bukan? Jadi kamu tak perlu repot-repot menggerakan jari untuk menulis pesan di Whatsapp, hanya dengan suara WhatsApp langsung menulis dan memindai suara yang kamu ucapkan menjadi teks. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Viral, Bintang Film Dewasa Ini Tertangkap Kamera, Dukung Timnas Rusia

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH