Kenali Faktor yang Bisa Memperburuk Bau Badan

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 27 Juni 2018
Kenali Faktor yang Bisa Memperburuk Bau Badan
Ilustrasi (Foto: timesofindia)

BAU badan dapat membuat seseorang merasa malu, apalagi jika bau badan telah mengganggu lingkungan di sekitar kamu, tentu akan sangat tidak nyaman.

Bahkan belum lama ini viral soal penerbangan melakukan pendaratan darurat akibat salah satu penumpangnya memiliki aroma tubuh yang tidak enak. Saking parahnya, bau badan itu bikin penumpang lain muntah-muntah.

Agar enggak jadi orang berbau badan, kamu harus mengenali penyebab yang bisa memperburuk bau badan. Seperti dilansir Times of India, berikut beberapa faktor yang memperburuk bau badan seseorang.

1. Berat Badan

(foto: timesofindia)

Salah satu penyebab bau badan ialah berat badan kamu. Biasanya orang dengan berat badan berlebih akan memiliki aroma badan yang lebih buruk. Hal itu disebabkan keringat yang mungkin tersangkut di lapisan kulit tebal. Lapisan itu akan memberi kesempatan bakteri untuk berkembang.

2. Bakteri

(Foto: timesofindia)

Pada tubuh manusia ada dua kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin berguna untuk membantu mengatur suhu tubuh. Sekresi dari kelenjar ekrin ditemukan di seluruh tubuh. Kelenjar tersebut terbuat dari garam dan air dan sebagian besar tak berbau.

Sementara itu, kelenjar apokrin terletak di dekat folikel rambut, ketiak serta kulit kepala yang menghasilkan keringat tebal hasil dari protein dan lipid. Saat bersentuhan dengan kelenjar apokrin, bakteri akan menyebabkan reaksi kimia dan mengeluarkan bau busuk. Hal itulah yang menyebabkan bau badan.

3. Stres

(Foto: pixabay/mandyme27)

Mungkin tak terpikir sebelumnya stres dapat memperburuk bau badan. Namun nyatanya, stres dapat membuat tubuh kamu berkeringat. Nah, di saat stres melanda, kelenjar apokrin berkeringat dan mengembangkan bau badan.

4. Fish Odor Syndrome

(Foto: timesofindia)

Fish odor syndrome merupakan kondisi medis yang cukup langka. Kondisi itu ditandai dengan bau badan yang amis. Bau tersebut dapat mempengaruhi urine, napas, serta keringat. Selain itu, kondisi tersebut juga disebabkan gen yang salah. Untuk mencegahnya, kamu harus terhindar dari stres serta menggunakan antiperspirant untuk membantu kamu mengurangi bau badan.

5. Obat-Obatan

(Foto: timesofindia)

Obat-obatan tertentu diyakini memiliki pengaruh terhadap bau badan. Obat-obatan antidepresan dapat membuat tubuh kamu berbau aneh. Selain itu, situasi medis tertentu, seperti penyakit ginjal, hati atau diabetes, menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan pada kulit yang dapat mengakibatkan bau badan yang aneh. Untuk itu, kamu harus mencoba untuk menjaga kulit tetap bersih. Kenakanlah pakaian dengan bahan yang tidak gerah untuk menghilangkan keringat.

6. Makanan Tertentu

(Foto: Timesofindia)

Makanan yang kamu makan ternyata dapat memengaruhi bau badan. Sayuran seperti bawang, kubis, dan kembang kol mengandung senyawa sulfur yang dapat memengaruhi kelenjar ekrin. Namun, bau tersebut tak bertahan lama. Selain itu, alkohol dan daging juga dapat menyebabkan bau badan. Namun dengan banyak minum air kamu akan dapat dengan mudah menghilangkannya.(ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Viral, Bintang Film Dewasa Ini Tertangkap Kamera, Dukung Timnas Rusia

Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan