Kenali Elemen Kunci dari Layanan Konsumen

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 14 September 2022
Kenali Elemen Kunci dari Layanan Konsumen
Pastikan konsumen didengar, dan aman. (freepik/tirachardz)

PANDEMI membawa dampak yang cukup signifikan dalam layanan pelanggan. Salah satunya standar layanan yang sepertinya menurun. Bisnis yang sebelumnya memberikan layanan pelanggan terbaik, menurunkan standar dari nomer satu menjadi nomer empat, semua akibat keterbatasan angkatan kerja dan kesehatan mental di seluruh dunia.

Setiap tahun, Newsweek yang menyusun daftar bisnis terbaik mereka dalam hal pengalaman pelanggan. Untuk menerbitkan daftar tahunan tersebut, pihaknya bermitra dengan Statista untuk menilai lima elemen kunci berikut.

Baca Juga:

Platform E-Commerce Gencarkan Pelatihan Literasi Digital Pada UMKM

konsumen
Bisnis yang sebelumnya memberikan layanan pelanggan terbaik, menurunkan standar akibat pandemi. (freepik/Drazen Zigic)

1) Kualitas komunikasi: mengukur apakah kontak (melalui email, telepon atau tatap muka) ramah atau sopan.

2) Kompetensi teknis: mengukur kualitas informasi yang diterima dan apakah pertanyaan dijawab dengan benar dan cukup detail.

3) Rentang layanan: mengukur apakah harapan dan ekspektasi pribadi seseorang terpenuhi.

4) Fokus pelanggan: mengukur apakah masalah/ekspektasi pribadi telah ditangani dengan solusi yang disesuaikan/spesifik.

5) Aksesibilitas: mengukur ketersediaan layanan pelanggan di toko atau di saluran bantuan.

Perusahaan-perusahaan masuk daftar layanan pelanggan terbaik karena mereka memahami siapa pelanggan mereka dan apa yang mereka pedulikan.

Daftar layanan pelanggan terbaik tahun 2022 dari Newsweek, berdasarkan Net Promoter Score (NPS) secara berurutan yaitu: Viking Cruises, USAA, Waldorf Astoria, Four Seasons, LakeHouse Spa at Lake Austin Spa Resort, Vanguard, Helzberg, Park Hyatt, The Hartford, dan BoxyCharm.

Baca Juga:

Buat Konsumen Betah dengan Komunikasi yang Baik

konsumen
Penting bagi perusahaan-perusahaan untuk mengirim pesan dengan benar. (freepik/rawpixel.com)

Viking Cruises menduduki puncak daftar merek dengan layanan pelanggan terbaik, dan tiga jaringan hotel melengkapi 10 besar, semuanya menunjuk ke dunia di mana orang mulai bepergian lagi, tetapi dengan sangat hati-hati.

Para jenama tersebut memastikan pelanggan mereka merasa didengar, dan aman, ketika orang-orang mencoba melanjutkan hidup mereka setelah sekian lama melakukan pembatasan sosial.

Ini penting, karena banyak jenama dalam daftar layanan terbaik memiliki demografi pelanggan yang cenderung lebih tua, segmen populasi yang lebih terpengaruh secara tidak proporsional oleh COVID-19 lebih dari yang lain.

Sangat penting bagi perusahaan-perusahaan tersebut untuk mengirim pesan dengan benar, memperbarui situs web mereka, dan memberikan pengalaman langsung yang mengesankan, sambil memperkuat keamanan. (aru)

Baca Juga:

Transaksi Lintas Negara Makin Mudah dengan QRIS

#Lipsus September Konsumen
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan