Komponen Mobil yang Perlu Diperhatikan pada Musim Hujan Mobil harus tetap terjaga dengan baik pada kondisi hujan. (Foto: Pixabay/StockSnap)

SAAT musim hujan, kamu harus melakukan beberapa pengecekan pada mobil yang menunjang mobilitas. Karena di musim hujan kondisi jalan berubah 180 derajat, dari kering menjadi licin, yang berpotensi memicu kecelakaan.

Ditambah lagi jangkauan penglihatan pengemudi dan performa mobil ikut menurun. Sangatlah penting untuk memeriksa beberapa komponen mobil saat musim hujan.

Baca Juga:

Tips Mencegah Stres Saat Mengemudi Mobil di Musim Hujan

Ban adalah komponen terpenting, karena kinerja ban yang prima saat isi sangat dibutuhkan (Foto: Pixabay/qimono)

Pada siaran pers yang diterima dari Auto2000, komponen penting yang pertama adalah ban. Karena tugas ban yang berat dan tak kenal kompromi. Bidang kontak ban dengan jalan sangat terbatas, dan harus berputar setiap saat. Pada saat bersamaan, kinerjanya menurun di saat jalan licin.

Karena itu, lakukan pengecekan rutin dengan prioritas utama pada tekanan ban. Dalam hal ini, tekanan ban yang pas memastikan telapak ban mendapat daya cengkeraman yang optimal ke aspal jalan raya, khususnya jalan licin.

Periksa ketebalan telapak ban via Tread Wear Indicator (TWI) di alur telapak ban. Kemudian, jangan lupa bersihkan telapak ban dari kerikil, agar tidak mengganggu kinerja ban. Selanjutnya periksa dinding ban dari potensi sobek atau benjol.

Komponen penting lainnya adalah kaki-kaki. Sistem suspensi yang lemah akibat karet bushing shock yang pecah atau peredam kejutnya rusak akan membuat mobil sulit dikendalikan dan mengurangi kenyamanan penumpang.

Sedangkan sistem kemudi yang bermasalah, pun membuat kamu sulit untuk mengendalikan arah mobil. Jangan lupa lakukan spooring dan balancing di bengkel terdekat, untuk menjaga kondisi ban dan kaki-kaki mobil.

Kemudian, komponen lainnya yang tak kalah penting adalah wiper. Saat musim kemarau wiper nyaris tak pernah bergerak. Karetnya berpotensi getas lantaran paparan sinar matahari dan debu.

Apabila karet getas maka wiper tidak bisa bekerja optimal, dan berpotensi menimbulkan baret yang sangat mengganggu pandangan di mobil. Kemudian, jangan lupa memeriksa wiper belakang, dan mengisi tabung air pembersih kaca, agar tidak bermasalah saat dibutuhkan.

Baca Juga:

Tips Mengemudi Aman di Tengah Hujan Deras dan Angin Kencang

Ban, wiper, rem dan sistem rem sangat penting disaat musim hujan (Foto: Pixabay/dibjo)

Komponen yang sebenarnya sangat vital adalah sistem rem. Saat musim hujan, rem bekerja ekstra berat karena jalan yang licin. Karena itu, pastikan kampas rem dan piringan cakram atau teromol dalam kondisi baik. Periksa tidak ada kebocoran, karena perannya sangat penting.

Selanjutnya, jangan lupa juga isi minyak rem, kalau perlu lakukan pengurasan apabila sudah waktunya, untuk menjaga kinerja rem.

Kelistrikan mobil tak kalah pentingnya yang harus kamu perhatikan. Tugas sistem kelistrikan bertambah berat saat hujan turun. Seperti harus mendukung operasional AC, wiper, audio atau lampu secara bersamaan. Karena itu, periksa sistem kelistrikan seperti aki, alternator, kabel-kabel, sekering, dan konektor, untuk memastikan kondisinya baik dan layak operasi.

Ketika hujan deras, lampu mobil punya peranan penting untuk membantu melihat kondisi jalan di depan. Tak hanya itu, lampu juga memastikan pengguna jalan lain bisa melihat mobilmu dengan baik. Jadi, sangat berbahaya apabila lampu mobil bermasalah.

Pendingin udara atau AC dan karet pintu mobil tak kalah pentingnya harus diperiksa. Saat hujan tiba, kamu tentu akan menutup kaca mobil, agar air hujan tidak masuk. Guna menjaga kabin tetap nyaman, sistem pendingin menjadi andalan satu-satunya.

AC juga berfungsi menjaga kaca mobil agar tidak berembun, supaya pengemudi tak kesulitan waktu memantau kondisi di luar. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Merawat Ban Mobil Agar Aman Dipakai di Musim Hujan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hadiah Fantastis Dari Pesohor Dunia Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala
ShowBiz
Hadiah Fantastis Dari Pesohor Dunia Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Hadiah dari artis Hollywood ini bikin jiwa misqueen bergejolak

Intip Spesifikasi 4 Generasi Pertama VGA Card Intel Arc
Fun
Intip Spesifikasi 4 Generasi Pertama VGA Card Intel Arc

Intel akan menghadirkan VGA card terbaru untuk bersaing melawan Nvidia dan AMD Radeon dengan branding-nya bernama Arc.

CEO PlayStation Jim Ryan akan Borong Perusahaan di 2022
Fun
CEO PlayStation Jim Ryan akan Borong Perusahaan di 2022

Mereka tidak akan berhenti di Bungie dalam aksi comot para developer ternama.

Shio dengan Peruntungan Terbaik di 2022
Fun
Shio dengan Peruntungan Terbaik di 2022

Menurut Master Fengshui Indonesia Yohan Suyangga, ada sejumlah Shio yang memiliki peruntungan paling baik 2022

Kuy Bikin Pina Colada Minuman Musim Panas Asal Puerto Rico
Hiburan & Gaya Hidup
Kuy Bikin Pina Colada Minuman Musim Panas Asal Puerto Rico

Minuman menyegarkan asal Puerto Rico tersebut mungkin bisa jadi pilihan lain.

Tren Thrifting Bantu Atasi Masalah Lingkungan
Fashion
Tren Thrifting Bantu Atasi Masalah Lingkungan

Kegiatan yang tanpa kamu sadari bisa menyelamatkan bumi.

Monitor Gaming Serbacanggih dari BenQ
Fun
Monitor Gaming Serbacanggih dari BenQ

Dapat bekerja dengan baik untuk hampir semua genre gim.

Penggemar Galang Dana untuk Ulang Tahun Jaehyun NCT
ShowBiz
Penggemar Galang Dana untuk Ulang Tahun Jaehyun NCT

Upaya-upaya ini juga bermacam-macam wujudnya.

Rumah Harum Alami dengan Pohon Aromatik Ini
Fun
Rumah Harum Alami dengan Pohon Aromatik Ini

Rumah terasa harum dengan menanam pohon ini.

Seumuran, Chemistry Pasangan Drakor Ini Luar Biasa
ShowBiz
Seumuran, Chemistry Pasangan Drakor Ini Luar Biasa

Pasangan di drakor ini ternyata seumuran