Cara Sederhana Menabung, Enggak Perlu Pusing Kenali deretan tips ampuh untuk menghemat uang (Foto: pixabay/nattanan23)

SALAH satu hal tersulit dalam menabung ialah memulai. Nah, bagi kamu yang ingin memulai untuk menabung tapi sulit mulainya, ada panduan langkah demi langkah tentang cara menghemat uang.

Panduan tersebut bisa membantu kamu mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga bisa menabung untuk semua tujuan tabungan, baik jangka pendek maupun jangka panjang, seperti yang dilansir dari laman bettermoneyhabits.

Baca Juga:

Mengenal Kesulitan Keuangan Milenial dan Tips Mengatasinya

Catat pemasukan dan pengeluaran keuangan (Foto: Pixabay/firmbee)

Langkah pertama ialah catat pengeluaranmu. Hal tersebut guna mencari tahu berapa banyak uang yang sudah kamu belanjakan. Dari mulai pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga, kopi, bensin, cicilan dan sebagainya.

Setelah kamu memiliki data, atur angka berdasarkan kategori. Seperti kebutuhan makanan, kebutuhan bensin, dan kebutuhan lainnya. Lihat laporan atau mutasi rekening bank milikmu, untuk memastikan keakuratannya.

Karena itu, lacaklah seluruh pengeluaran untuk membantu kamu mulai menabung. Kamu bisa menggunakan program atau aplikasi digital, untuk membantu mengotomatiskan pelacakan tersebut.

Perhitungkan anggaran dan tentukan skala prioritas (Foto: Pixabay/stevepb)

Langkah yang kedua yakni perhitungkan anggaran untuk tabungan. Setelah kamu memiliki gagasan tentang apa saja kebutuhan belanjamu dalam sebulan, kamu harus mengukur pengeluaran dan pendapatan.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk merencanakan pengeluaran dan membatasi pengeluaran yang berlebihan. PAstikan untuk memperhitungkan pengeluaran secara teratur yang tidak setiap bulan, seperti halnya perawatan kendaraan.

Bila sudah mengetahui pengeluaran dan pendapatan, sertakan kategori tabungan, yang bertujuan untuk menghemat 10 hingga 15 persen dari pendapatanmu.

Langkah ketiga, temukan cara untuk memotong pengeluaran. Apabila pengeluarmu sangat tinggi dan kamu tidak bisa menabung sebanyak yang kamu inginkan, sudah waktunya untuk menguranginya.

Perhatikan hal-hal tidak penting yang bisa kamu belanjakan lebih sedikit, seperti hiburan dan makan di luar. Sebaiknya, cari cara untuk menghemat pengeluaran tetap bulanan.

Solusinya, kamu bisa menemukan acara gratis atau berbiaya rendah seperti acara komunitas, untuk mengurangi pengeluaran hiburan. Kemudian, batalkan langganan apapun yang tidak kamu gunakan, khususnya yang diperpanjang secara otomatis.

Kemudian, berkomitmenlah untuk makan di luar hanya sebulan sekali, dan mencoba tempat-tempat yang termasuk dalam kategori 'makan murah'. Tetap tenang ketika tergoda oleh pembelian yang tidak penting.

Baca Juga:

Tips Cerdas Menjadi Juara Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

Tentukan tujuan tabunganmu, apakah untuk membeli rumah, mobil, invetasi dan sebagainya (Foto: Pixabay/paulbr75)

Langkah keempat ialah tetapkan tujuan tabungan. Salah satu cara yang terbaik untuk mengehemat uang ialah dengan menetapkan tujuan. Mulailah memikirkan kamu menabung untuk apa.

Misalnya, merencanakan pernikahan, merencanakan liburan, atau menabung untuk investasi di masa pensiun. Kemudian, cari tahu berapa banyak uang yang sudah kamu perlukan, dan berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk menyimpannya.

Langkah kelima, tentukan prioritasmu. Pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang dan penting, agar perencanaan pensiun tidak mengesampingkan kebutuhan jangka pendek.

Caranya, belajar memprioritaskan tujuan tabungan kamu, sehingga kamu memiliki gagasan yang jelas tentang di mana harus mulai menabung.

Seperti halnya ketika kamu tahu kamu perlu mengganti mobil dalam waktu dekat, kamu bisa mulai menyisihkan uang untuk membeli mobil.

Langkah keenam, yakni perhatikan tabungan kamu tumbuh. Dalam hal ini periksalah anggaran kamu dan kemajuan tabunganmu setiap bulan. Ini tdak hanya akan membantumu tetap pada rencana tabungan pribadimu, tapi kamu bisa mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat.

Apabila kamu sudah paham cara menghemat uang, maka kamu akan terinspirasi dalam menemukan lebih banyak cara untuk menabung, serta mencapai tujuan kamu lebih cepat. (Ryn)

Baca Juga:

Milenial, Yuk Wujudkan Komitmen Literasi Finansial Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lenovo ThinkBook Plus Gen 3 Hadir dengan Dua Layar
Fun
Lenovo ThinkBook Plus Gen 3 Hadir dengan Dua Layar

ThinkBook Plus Gen 3 hadir dengan layar ultra-wide.

Elon Musk Bagikan Tips Sukses Untuk Anak Muda
Hiburan & Gaya Hidup
Elon Musk Bagikan Tips Sukses Untuk Anak Muda

Elon Musk bagikan sejumlah tips sukses bagi para anak muda

Tips Meningkatkan Keamanan Siber
Fun
Tips Meningkatkan Keamanan Siber

Penting untuk meningkatkan infrastruktur keamanan siber.

Tips Merawat Sneakers Biar Tahan Lama
Fashion
Tips Merawat Sneakers Biar Tahan Lama

Pastikan sneakers kesayanganmu tetap terawat.

Love All Play Kisah Cinta di Lapangan Bulu Tangkis
ShowBiz
Love All Play Kisah Cinta di Lapangan Bulu Tangkis

Love All Play atau Going to You at a Speed of 493 km telah mulai ditayangkan kemarin (20/4) di Disney+ Hotstar.

Tersangkut Kasus Ganja, Jung Ilhoon Eks BTOB Dihukum
ShowBiz
Tersangkut Kasus Ganja, Jung Ilhoon Eks BTOB Dihukum

Menjalani masa percobaan selama 3 tahun dengan denda 120 juta won (Rp 1,4 triliun) dan tambahan menjalani rehabilitasi 40 jam.

Lagu 'Merakit' dari Yura Yunita Jadi Soundtrack Film 'Nussa'
ShowBiz
Lagu 'Merakit' dari Yura Yunita Jadi Soundtrack Film 'Nussa'

Cerita lagu Merakit cocok dengan karakter Nussa.

Nelson Mandela, Pemimpin Afrika Selatan yang Akrab dengan Batik
Fun
Nelson Mandela, Pemimpin Afrika Selatan yang Akrab dengan Batik

Presiden Soeharto juga sampai kaget ketika Mandela mengenakan batik saat bertemu dengannya.

Tulisan Nyeleneh Warga +62 Saat Mudik Lebaran Bikin Kangen
Hiburan & Gaya Hidup
Tulisan Nyeleneh Warga +62 Saat Mudik Lebaran Bikin Kangen

Bisa bantu hilangkan stres saat macet-macetan di jalan.

Jack Dorsey Mundur Sebagai CEO Twitter
Fun
Jack Dorsey Mundur Sebagai CEO Twitter

Jack Dorsey selaku CEO dan salah satu pendiri Twitter akan mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif perusahaan.