Kenali Ciri Anak yang Berpotensi Psikopat MerahPutih/Alfi Rahmadhani

MerahPutih Kesehatan - Sebuah studi menunjukkan bahwa emosional terkait psikopat pada orang dewasa bisa dikenali sejak usia balita.

Seperti dilansir The Independent (13/9), indikasi sifat psikopat pada seseorang bisa dikenali sejak anak berusia tiga tahun, yang memungkinkan anak menjadi antisosial saat dewasa.

Dr Eva Kimonis, psikolog dari Universitas New South Wales, yang juga memimpin penelitian ini mengungkapkan bahwa ia bersama timnya telah menyebar kuisioner kepada orangtua dan guru. Mereka juga merancang komputer khusus untuk mengevaluasi 200 anak yang berusia tiga sampai enam tahun.

Hasilnya, ada sebanyak 10 persen anak yang diuji menunjukkan indikasi sifat tanpa perasaan, kurang empati, kasih sayang, dan penyesalan.

Pengujian ini awalnya efektif pada sampel remaja. Namun ternyata hasil penelitian baru ini mengungkapkan bahwa ciri-ciri bisa terdeteksi saat usia anak-anak.

"Kami akhirnya melatih orangtua untuk bersikap hangat, penuh kasih sayang, untuk mengurangi sifat tak berperasaan dari waktu ke waktu," ujar Kimonis. Kimonis juga mengatakan bahwa pihaknya akan meneliti apakah sifat ini terus terbawa hingga dewasa.

Adapun studi ini menjabarkan bahwa anak yang berpotensi psikopat biasanya bersifat egois atau tidak ingin berbagi, kejam terhadap hewan, tidak merasa bersalah ketika melakukan kesalahan, dan tidak menanggapi kasih sayang orang lain.

 

BACA JUGA:

Media Massa Salah Satu Penyebab Percobaan Bunuh Diri

Kemenkes Belum Punya Data Lengkap Penyebab Bunuh Diri

Bunuh Diri dan Upaya Pencegahannya

Waspada Bahaya Sering Mengonsumsi Obat Tidur


Tags Artikel Ini

Adinda Nurrizki

LAINNYA DARI MERAH PUTIH