Kenali Cara Menonton Televisi Digital

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 26 Juli 2021
Kenali Cara Menonton Televisi Digital
Kominfo bagikan tips menonton televisi digital(Foto: pixabay/ncasullo)

SEJUMLAH wilayah di Indonesia sudah dan akan mendapat siaran televisi teresterial di rumah dalam waktu dekat. Karena itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membagikan tips menonton siaran tersebut.

Menurut Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo, Mulyadi, program siaran akan lebih banyak dan bervariasi. Hal ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati siaran televisi yang berkualitas.

Baca Juga:

TV Digital Lebih Efisien Dibanding TV Analog?

Cara untuk melihat siaran televisi digital dirumah yang pertama ialah pastikan lokasi sudah mendapatkan siaran digital.

"Untuk mengecek lokasi mana saja yang sudah bisa mendapatkan siaran digital, masyarakat bisa mengunjungi situs resmi Siaran Digital Indonesia dari Kominfo atau aplikasi SIRANI," tutur Mulyadi seperti yang dikutip dari laman Antara.

Pastikan televisi kamu sudah bisa menangkap siaran televisi digital. (Foto: Pixabay/afra32)

Kemudian, setelah kamu memastikan lokasi telah mendapat siaran televisi teresterial digital, pastikan untuk memeriksa apakah perangkat televisi milikmu sudah bisa menangkap siaran televisi digital atau tidak.

Dalam hal ini, televisi yang berbentuk tipis dan memiliki layar datar, belum tentu dapat menangkap siaran digital. Karena itu, cek fitur pada televisi untuk mengetahui apakah perangkat memiliki opsi analog televisi dan digital televisi.

Bila ada digital televisi, maka perangkatmu sudah bisa menangkap siaran televisi teresterial digital. Biasanya televisi digital ditandai dengan teknologi DVB T2.

Baca Juga:

Kominfo: Beralih ke TV Digital untuk Perlancar 5G

Bila perangkat televisi milikmu masih model lama seperti TV tabung dan berlayar cembung, itu artinya televisi kamu masih analog. Solusinya pasang perangkat set top bpox sebagai ganti tidak menggunakan televisi digital.

Ada beberapa cara untuk menonton televisi digital. (Foto: pixabay/mohamed_Hassan)

Set top box tersebut dipasang di antara antena serta pesawat televisi. Meski begitu, masyarakat masih dapat menggunakan antena lama, tidak perlu membeli antera baru bila belum rusak untuk menonton siaran televisi digital.

Pemasangan set top box pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menyambungkan kabel HDMI atau kabel RCA bila perangkat kamu masih televisi tabung.

Selain itu, agar tidak salah membeli, kamu bisa mengecek situs Siaran Digital Indonesia untuk melihat spesifikasi serta merek set top box yang telah memenuhi standard Kominfo. Biasanya pada perangkat tersebut terdapat stiker 'Siap Digital'. (ryn)

Baca Juga:

Serial Televisi yang Bisa Menemani Kamu di Era 'Social Distancing'

#Kemenkominfo #Teknologi #Menkominfo #Digital #Televisi
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan