Otomotif

Kenali Berbagai Tipe Ban Mobil Sesuai Kebutuhan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 30 November 2020
Kenali Berbagai Tipe Ban Mobil Sesuai Kebutuhan
Ban merupakan komponen penting pada mobil. (unsplash/Imthaz Ahamed)

BAN merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Baik motor maupun mobil membutuhkannya agar dapat melaju. Berbagai tipe ban mobil memiliki fungsi, kegunaan, dan kebutuhannya masing-masing. Ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Dalam memilih ban mobil, kamu harus mengetahui tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kendaraan. Sehingga dalam memilih ban mobil tidak bisa dianggap remeh.

Baca juga:

Garasi Butuh Perhatian, Supaya Mobil Lebih Aman

Dilansir dari laman DiscountTire, ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum membeli ban, khususnya tipe ban yang cocok. Simak yuk ulasannya.

1. All Terrain / AT

Kenali Berbagai Tipe Ban Mobil Sesuai Kebutuhannya
Tipe ban AT memiliki kemampuan untuk berjalan di semua medan. (Foto: bustedwallet)

Sesuai dengan namanya, tipe ban ini memiliki kemampuan untuk berjalan di semua medan. Ban tipe AT cukup nyaman jika digunakan di jalanan beraspal karena tidak menghasilkan suara yang cukup keras.

Meski nyaman digunakan di jalan aspal, ban tipe AT sebenarnya masih memiliki kelemahan pada medan offroad yang ekstrem, terutama pada lumpur dan salju tebal. Namun untuk medan ringan seperti bebatuan dan tanah, ban tipe AT masih mampu untuk melaju.

Baca juga:

Kiat Cerdas Berkendara di Musim Hujan

2. Mud Terrain / MT

Kenali Berbagai Tipe Ban Mobil Sesuai Kebutuhannya
Ban MT diperuntukan untuk medan jalan ekstrem. (Foto: suncruisermedia/Peter Storck)

Tipe ban Mud Terrain diperuntukkan untuk medan jalan yang ekstrem. Tipe ban ini memiliki permukaan yang menonjol dan corak kasar sehingga cocok digunakan untuk kendaraan offroad seperti jalan berlumpur, berbatu, dan medan berair seperti sungai.

Komponen ban MT cenderung empuk, sehingga dapat memberi traksi yang cukup baik di medan ekstrem. Namun ban tipe MT tidak disarankan untuk digunakan di jalan aspal. Selain tidak sesuai dengan fungsinya, ban tipe ini memiliki daya cengkeram kurang baik dibanding tipe lainnya.

3. Highway Terrain / HT

Kenali Berbagai Tipe Ban Mobil Sesuai Kebutuhannya
Ban HT diperuntukan melaju di permukaan aspal. (Foto: limerickleader)

Tipe ban High Terrain di desain untuk melaju di permukaan aspal, sehingga ban ini cocok digunakan untuk berkendara dengan kecepatan tinggi.

Permukaan ban HT cenderung lebih halus dibandingkan ban AT dan MT, sehingga ban HT memiliki cengkraman yang kuat di permukaan aspal. Ban tipe HT biasanya terdapat di jenis mobil MPV, city car, hatchback, dan sedan. (shf)

Baca juga:

Fokus saat Mengemudi di Jalan Menanjak

#Mobil #Otomotif #Tips Merawat Mobil #Tips
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan