Kenali Beberapa Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Ilustrasi Buah Semangka (Foto: Pixabay/Jaro_N)

MENJELANG hari lebaran, biasanya buah semangka hadir disela-sela menu utama seperti opor ayam, ketupat sayur, sambal ati ataupun gulai kambing.

Semangka sejatinya menjadi buah yang banyak disukai oleh semua orang. Selain karena rasanya manis dan menyegarkan, buah semangka juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti yang dilansir dari Live Science, buah semangka memiliki kadar vitamin A, B6 dan C yang signifikan. Selain itu banyak terdapat juga likopen, antioksidan, asam amino, bebas lemak, rendah sodium dan hanya memiliki sekitar 40 kalori per cangkir.

(Foto: Pixabay/kps7942)

Diketahui juga, buah Semangka memiliki likopen yang cukup tinggi. Likopen adalah senyawa alami dalam buah-buahan ataupun sayuran yang bereaksi dengan tubuh manusia.

“Makanan yang tinggi antioksidan serta asam amino memungkinkan tubuh berfungsi secara optimal,” ucap Angela Lemond, Ahli Gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Texas.

Lalu Angela menambahkan jika antioksidan yang terdapat pada buah semangka dapat membantu mencegah kanker. Asam Amino yang merupakan dasar untuk protein, yang notabene digunakan dihampir setiap fungsi vital dalam tubuh.

(Foto: Pixabay/explorbob)

Selanjutnya, menurut Ahli Gizi dari Isntitut Kebugaran The University of Texas di Austin, Victoria Jarzabkowski mengatakan, jika Likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan kuat. Karena Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang serta mencegah kanker prostat.

Likopen yang tinggi pada semangka juga sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan. Pun dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

(foto: Pixabay/ulleo)

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, menemukan jika ekstrak semangka membantu mengurangi hipertensi serta menurunkan tekanan darah pada orang dewasa obesitas.

Nah untuk memaksimalkan asupan likopen, biarkanlah semangka kamu matang sepenuhnya. Karena semakin merah semangka maka semakin tinggi konsentrasi likopen. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Cantiknya Para Mantan Anggota Girlband Ini Ketika Berhijab

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH