Kesehatan

Kenali Bagian Tubuh yang Rawan Gemuk

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 21 November 2018
Kenali Bagian Tubuh yang Rawan Gemuk
Awas bagian rawan tubuh yang cepat gemuk. (Foto: Pixabay/jarmoluk)

SEBENARNYA bagian tubuh rawan gemuk bergantung pada bentuk dan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu setiap orang memiliki bagian tubuh berbeda yang akan cepat gemuk, atau yang terlebih dulu gemuk.

Pada umumnya, laman Go Dok menuliskan, seseorang yang memiliki masalah kesehatan pada metabolisme tubuh cenderung memiliki tubuh berbentuk apel. Lemak lebih senang berkumpul di bagian perut.

Sementara kamu yang memiliki bentuk tubuh buah pir, biasanya cenderung menyimpan lemak di bagian bawah perut. Seperti pinggang, pinggul, dan paha.

Celakanya pria lebih cepat mengalami kegemukan di bagian dada dan perut. Sementara pada perempuan mengalami hal ini pada bagian paha, pinggul, dan pinggang. Hal ini terutama disebabkan oleh perbedaan hormon antara kedua gender.

Setiap orang memiliki bagian tubuh yang rawan gemuk yang berbeda. Ini disebabkan berbagai macam hal. Seperti perbedaan hormon, perbedaan kondisi metabolisme tubuh, dan perbedaan kebiasaan.

1. Awas bagian perut dan punggung gemuk akan membuat tubuh melebar

gemuk
Hati-hati kalau perut dan punggung yang kegemukan. (Foto: returnofkings)


Jika kamu cenderung cepat gemuk di bagian perut sekaligus punggung, maka bentuk tubuh akan melebar cepat. Hal ini disebabkan oleh kurang aktif dalam berkegiatan. Mudah untuk menghilangkannya cukup dengan berolahraga, tidur cukup dan konsumsi makanan berserat.


2. Karena gluten pinggang, pinggul dan bokong jadi melebar

gemuk
Kurangi gluten untuk menyusutkan area pinggang, pinggul dan bokong. (Foto: Pixabay/zibuxin)

Pada area pinggang, pinggul dan bokong cepat gemuk karena terlalu banyak mengasup gluten dari makanan yang Anda konsumsi. Cara menghilangkannya adalah dengan menjalani diet bebas gluten, banyak berolahraga untuk membentuk tubuh dan mengencangkan otot-otot. Jangan melupakan sarapan!


3. Banyak bergerak agar paha dan betis mengecil

gemuk
Bergerak justru membuat paha dan betis mengecil. (Foto: Pexels/Tobi)


Paha dan betis umumnya cepat gemuk pada wanita yang memiliki masalah pembuluh darah di area kaki atau tengah hamil. Untuk menysutkannya hindari mengonsumsi makanan tinggi garam. Selalu bergerak bila duduk lebih dari 30 menit. Ini dimaksudkan untuk mencegah cairan dan lemak berkumpul di area kaki dan betis.


4. Hati-hati lemak yang ada di perut yang membuat buncit, ternyata berbahaya

gemuk
Perut rata menunjukan hidup yang sehat. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jenis lemak yang berkumpul di bagian perut adalah jenis lemak yang paling berbahaya. Lemak jenis ini dapat membuat kamu lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular. Apa penyebabnya? Umumnya karena mengonsumsi junk food, makanan berlemak tinggi dan terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Bisa jadi metabolisme kamu tidak terlalu baik jika bagian perut lebih cepat buncit dibanding bagian lainnya. Rajinlah berolahraga kardio, seperti berenang, bersepeda dan jogging. Yang harus dipatuhi adalah mengurangi minuman beralkohol dan junk food.


5. Asupan kalori dan gula berlebihan penyebab lengan, dada, dan leher menjadi gemuk

gemuk
Kelebihan gula akan membuat gemuk area lengan, bahu, dada dan leher. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Jika bagian atas tubuh kamu, seperti lengan, bahu, dada, dan leher lebih cepat gemuk dibandingkan bagian tubuh lain. Maka penyebab umumnya adalah asupan kalori dan gula yang terlalu banyak. Ini menyebabkan lemak cepat berkumpul di area tubuh bagian atas. Penyebab lainnya adalah kurang beraktivitas dan terlalu banyak makan. Untuk menyingkirkannya, mulailah kontrol porsi makan, hindari makanan berlemak dan minuman dengan terlalu banyak gula. Mulailah rutin melakukan olahraga aerobik. (psr)

#Gaya Hidup Sehat
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan