Kenali 8 Gejala Gagal Ginjal Pada Anak

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 31 Juli 2017
Kenali 8 Gejala Gagal Ginjal Pada Anak
Ilustrasi. (Pixabay)

BUKAN hanya orang dewasa, anak-anak ternyata juga memiliki kemungkinan mengidap penyakit gagal ginjal. Penyakit ini biasanya disebut dengan "silent disease" karena gejala awalnya sulit untuk diketahui.

Gagal ginjal adalah kondisi yang berlangsung disepanjang hidup dan tidak bisa disembuhkan, namun beberapa tipe dari gagal ginjal dapat dilakukan perawatan, terutama jika diketahui lebih awal, oleh karena itu penting agar gejala awal dan faktor risiko dikenali gagal ginjal dikenali.

Berbicara mengenai Gagal Ginjal Kronik (GGK), Dr. Cahyani Gita Ambarsari, Spesialis Nefrologi Pediatrik di rumah sakit rujukan nasional mengatakan, ada delapan gejala gagal ginjal pada anak yang harus diketahui oleh orang tua.

1. Tangan dan kaki membengkak, area sekitar mata membengkak

2. Tidak napsu makan

3. Frekuensi buang air kecil yang menurun atau bahkan meningkat

4. Berubahnya warna urin menjadi kemerahan dalam waktu lama, hal ini mengindikasikan adanya darah, biasanya urin akan berbusa karena adanya protein

5. Pusing karena tekanan darah yang tinggi

6. Gejala seperti flu, mual, muntah, lesu, kelelahan, dan tidak napsu makan

7. Pertumbuhan cenderung lambat dibanding anak seusia lainnya

8. Kesulitan berkonsentrasi dan prestasi yang buruk di sekolah

Dr. Cahyani Gita Ambarsari menjelaskan apabila anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua harus segera membawa anaknya ke dokter spesialis nefrologi anak, agar anaknya mendapatkan perawatan yang sesuai.

Gagal ginjal sendiri merupakan penyakit yang sangat menakutkan. Riset dari UNICEF pada World Children Report 2012, Indonesia menempati posisi pertama di ASEAN yang memiliki jumlah anak obesitas tertinggi, yaitu sebesar 12,2%, hal ini berpotensi untuk meningkatkan angka penderita gagal ginjal pada anak.

Selain itu laporan dari National Institute of Diebetes and Digestive and Kidney Disease from US Department of Health and Human Services pada bulan Maret 2014, penyebab gagal ginjal pada anak usia dibawah 4 tahun adalah karena adanya kelainan ginjal dan adanya riwayat keturunan gagal ginjal. Sedangkan pada usia 5 – 14 tahun, gagal ginjal disebabkan oleh adanya penyakit keturunan, sindrom nefrotik, dan penyakit sistemik. (*)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Empat Anak Bangsa Ini Ciptakan Celana Dalam "Antipembalut"

#Gagal Ginjal #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan