Kenali 5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin C

Muchammad YaniMuchammad Yani - Minggu, 26 Januari 2020
Kenali 5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin C
Jeruk adalah salah satu sumber vitamin C (Foto: Pixabay/pixel2013)

VITAMIN C adalah vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan stres oksidatif, membantu dalam pembentukan kolagen dan sebagainya. Sumber makanan vitamin C adalah buah jeruk, paprika merah, kangkung, dan lain-lain.

Tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri. Oleh karena itu kita diwajibkan untuk mengonsumsi makanan mengandung vitamin C. Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah lebih sedikit bisa menyebabkan kita kekurangan vitamin C.

Baca juga:

Kualitas Tidur Buruk Bikin Cranky?

Meski kekurangan vitamin C sangat jarang terjadi di negara-negara maju, karena ketersediaan makanan kaya vitamin C. Tapi ada juga yang mengalaminya. Beberapa penyebab kurang vitamin C termasuk pola makan yang buruk, merokok, peminum alkohol dan penyakit metal yang parah.

Apa sih gejala awal kekurangan vitamin C? Yuk simak ulasannya seperti dilansir Boldsky.

1. Kulit kering

Kulit kering (Foto: Boldsky)
Kulit kering (Foto: Boldsky)

Epedermis, lapisan terluar kulit mengandung sejumlah besar vitamin C. Kehadiran vitamin C di kulit melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh matahari dan polusi. Ia juga membantu dalam produksi kolagen, sehingga membuat kulit tampak muda. Kekurangan vitamin C membuat kulit kering dan rusak.

2. Gusi berdarah

Gusi berdarah (Foto: Boldsky)
Gusi berdarah (Foto: Boldsky)

Gejala umum lain dari kekurangan vitamin C adalah gusi merah, bengkak, dan berdarah. Vitamin C yang tidak memadai di dalam tubuh menyebabkan pembuluh darah melemah dan meradang di jaringan gusi, menyebabkan gusi berdarah. Pada kasus yang lebih parah menyebabkan gigi rontok karena gusi tidak sehat.

Baca juga:

Berbahayakan Olahraga Malam? Ini Kata Dokter

3. Kulit memar

Kulit memar (Foto: Boldsky)
Kulit memar (Foto: Boldsky)

Jika kulit kamu mudah memar, itu artinya tubuh kamu memiliki kadar vitamin C yang rendah. Hal ini terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit pecah, menyebabkan darah bocor ke daerah sekitarnya.

4. Kulit bergelombang

Kulit bergelombang (Foto: Boldsky)
Kulit bergelombang (Foto: Boldsky)

Kadar vitamin C yang rendah menyebabkan keratosis pilaris. Ini adalah jenis kondisi kulit yang menyebabkan kulit bergelombang berkembang di bagian belakang lengan atas, paha atau bokong karena penumpukan protein keratin di dalam pori-pori.

5. Folikel rambut merah

Folikel rabut merah (Foto: Boldsky)
Folikel rabut merah (Foto: Boldsky)

Folikel rambut memiliki banyak pembuluh darah kecil yang memasok darah dan nutrisi ke daerah tersebut. Kekurangan vitamin C menyebabkan pembuluh darah lemah di lokasi tersebut, sehingga menyebabkan bintik-bintik merah kecil yang cerah di dekat folikel rambut. (Yni)

Baca juga:

Pare, Si Pahit yang Mampu Membunuh Sel Kanker

#Vitamin C #Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan