Kenali 5 Tanda Hubungan Asmara yang Sudah 'Tak Sehat' Kenali beberpa tanda suatu hubungan sudah tak sehat lagi (Foto: pixabay/adinavoicu)

SETIAP orang tentunya mendambakan hubungan asmara yang harmonis. Namun tak sedikit juga para pasangan yang merasa ada suatu hal yang tak beres dalam hubungannya.

Ketidakadilan menjadi salah satu penyebabnya. Seperti halnya salah satu pihak menuntut terlalu banyak dari kamu, bahkan mungkin memiliki harapan yang tak realistis.

Nah berikut ini ialah tanda jika hubunganmu tak sehat atau tak adil menurut para ahli.

1. Dia Mengecek Keberadaan Kamu 24 Jam

Jika dia sering mengecek keberadaanmu dengan berlebihan, hubungamu sudah tak sehat (Foto: pixabay/rawpixel)

Menanyakan kabar pada pasangan merupakan satu hal yang wajar. Seperti halnya memberikan kabar kamu sedang ada di luar kota atau sedang dalam perjalanan.

Namun, jika kamu melakukannya dengan intensitas yang cukup tinggi. Justru malah akan mengganggu aktifitasnya. Hal itu bisa menimbulkan hubungan yang tak sehat.

"Jenis perilaku mengendalikan dan poseseif itu, mengisyaratkan dinamika kekuatan yang tak seimbang dalam hubungan kamu" Ucap Pakar Hubungan, Amica Graber, seperti yang dilansir dari laman bustle.

Khususnya jika pasangan tersebut tak berpegang pada standar yang sama. Tentu saja mungkin sesuatu yang pasanganmu lakukan tanpa disadari itu tak adil.

2. Dia Mendominasi Semua Keputusan

Jika pasanganmu tak pernah mendengarkan pendapatmu sama sekali, hubungamu sudah tak sehat (Foto: pixabay/mireyaz02)

Jika dalam hubungamu berada dalam tahap yang sehat atau seimbang. Kamu dan dia tentu memiliki satu suara untuk membuat keputusan. Dari mulai hal-hal besar hingga hal-hal sepele seperti memilih tempat makan.

Tapi, jika pasanganmu selalu membuat keputusan, meski kamu telah memberi masukan dan tak didengarkan sama sekali, itu pertanda jika hubungamu sudah tak adil.

Seperti halnya yang dikatakan Graber, yaitu "Jika pasanganmu tak memberikan kesempatan untuk kamu dalam proses pengambilan keputusan sama sekali, dia tak memperhitungkan perasaanmu".

3. Mengandalkan Keuangan Pada Pasangan

Mengandalkan finansial dengan pasangan, ciri hubunganmu tak sehat (Foto: pixabay/sallyjermain)

Dalam hidup ini tak semua pasangan mau terbuka secara gamblang dari sisi finansial. Hal itu mungkin lantaran gengsi yang membuatnya melakukan segala cara, demi membahagiakan pasangannya.

Namun, ada juga orang-orang yang mengandalkan finansial kepada pasangannya. Seperti halnya mengharapkan membayar tagihan, meminta dibelikan barang-barang mewah dan lain-lain.

Menurut pakar hubungan Amica Graber, hal itu bisa jadi pasanganmu hanya memanfaatkan atau mengambil keuntungan darimu.

"Adalah satu hal untuk membantu pasanganmu selama masa sulit, tetapi jika kamu secara konsisten meminjamkan uang kepada mereka atau menjadi sumber dukungan keuangan, mereka mungkin mengambil keuntungan darimu" tutur Graber.

4. Tak Konsisten Soal Waktu

Selalu terlambat dan membatalkan janji, ciri-ciri hubungamu sudah tak sehat (Foto: pixabay/superdik)

Setiap orang tentu memiliki kesibukan yang berbeda. Namun bukan berarti tak bisa menyusun rencana dengan baik. Karena jika memang niat, ada banyak cara agar rencana berjalan dengan lancar, dan minim risiko untuk gagal.

Nah, apabila pasanganmu kerap terlambat atau membatalkan rencana kecan, dan dia berharap kamu memakluminya. itu pertanda hubungan kamu tak adil atau tak sehat.

Kita semua mengalami situasi di mana kita tidak dapat membuat kencan atau acara dan harus membatalkan, tetapi jika seseorang membuat kebiasaan mengelupas pada menit terakhir, mereka tidak menghargai waktu Anda." Ucap Graber.

5. Menuntut Semua Waktu Luang Kamu

hubungan tak sehat jika si dia menuntut semua waktu luang mu (Foto: pixabay/pexels)

Kamu memiliki hak untuk me time atau menghabiskan hari untuk diri sendiri pada saat waktu luang. Jika pasanganmu tak mengizinkanmu untuk itu atau marah saat kamu meminta izin padanya. Itu salah satu tanda jika hubunganmu tak adil.

Karena, bagaimana pun, memanfaatkan waktu luang untuk memanjakan diri sendiri merupakan hak bagi setiap orang.

"Dalam hubungan yang tak 'tidak adil', pasangan Anda ingin Anda hanya menghabiskan waktu bersama mereka dan tidak memiliki teman atau hobi lain" kata psikoterapis Dr Jennifer Howard.

Dr. Howard pun menambahkan, Dalam kasus ekstrem, itu bahkan bisa menjadi pelecehan emosional. Jadi jangan biarkan perilaku itu merosot.

Jika pasanganmu ingin membahagiakanmu, mereka tentu akan baik-baik saja dengan mempertahankan idividualitas dalam hubungan, termasuk mendukung hobi dan keinginanmu. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Deretan Ucapan Ini Menandakan Jika Pasanganmu Bahagia Bersamamu

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala