Jangan Asal Trendi! Kenali 5 Dampak Buruk Pengunaan 'Skinny Jeans'! Celana jeans yang Trendi. (Pixalbay/StockSnap)

TAMPIL kekinian dan trendi merupakan idola banyak orang. Enggak heran bila banyak orang rela menerima efek apapun agar bisa tampil trendi.

Salah satu tren dunia fashion, terutama denim dan jeans, Skinny Jeans menjadi semacam item terpenting bagi semua orang selama dua tahun belakangan.

Gaya tersebut memang mudah diaplikasikan dengan macam-macam atasan dan sangat trendi. Namun, di balik ketrendian itu, Skinny Jeans juga menyimpan efek buruk bagi kesehatanmu.

Enggak percaya? Ini dia beberapa dampak penggunaan skinny jeans bagi kesehatan seperti dilansir dari Go-Dok;

1. Infeksi saluran kemih

Sakit saluran kemih. (Pixalbay/WolfBlur)
Sakit saluran kemih. (Pixalbay/WolfBlur)

Bagi kamu para pria hobi mengenakan skinny jeans, berhati-hatilah! Sebab, kamu beresiko besar terkena infeksi saluran kemih yang menyebabkan rendahnya jumlah sperma yang dihasilkan.

2. Infeksi

Gambaran jamur candida. (Pixalbay/geralt)
Gambaran jamur candida. (Pixalbay/geralt)

Jamur candida senang hidup dan berkembangbiak di lingkungan lembab. Nah, penggunaan skinny jeans secara terus menerus dapat meningkatkan kelembapan kulit sebab bahannya yang ketat tidak dapat menyerap panas. Hasilnya? Area kelamin akan rentan terserang rasa nyeri dan gatal.

3. Infeksi folikulitis

Pakai celana jeans. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Pakai celana jeans. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Gesekan berulang antara bahan celana jeans dengan kulit terbukti dapat menyebabkan peradangan folikel rambut atau folikulitis dikulit yang tertutup celana. Peradangan ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri atau jamur. Ciri utama dari infeksi folikulitis adalah tumbuhnya benjolan kecil berwarna kemerahan serta munculnya rasa gatal di sekujur kaki.

4. Kemandulan

Gambaran pasangan mandul. (Pixabay/3907349)
Gambaran pasangan mandul. (Pixabay/3907349)

Saat memakai skinny jeans terlalu lama, suhu di sekitar paha dan selangkangan akan meningkat. Hati-hati! Akibat dari meningkatnya suhu di area kelamin ternyata dapat memicu kemandulan. Lho, kok bisa? Bagi kaum pria, suhu selangkangan tidak ideal dapat menurunkan jumlah serta kualitas sperma. Sedangkan bagi wanita, tekanan kuat dari skinny jeans terus menerus digunakan akan menurunkan tingkat kesuburan.

5. Tersumbatnya sirkulasi darah

Sirkulasi darah. (Pixabay/qimono)
Sirkulasi darah. (Pixabay/qimono)

Terakhir, kebiasaan menggunakan celana jeans ketat ternyata dapat menyebabkan sirkulasi darah di area paha, selangkangan, dan organ intim terhambat. Jangan anggap sepele, lho! Jika dibiarkan terus berlanjut dapat menyebabkan varises hingga pembengkakan di area kaki. (*)

Baca Juga: Waspada, Ini Bahaya Memakai Skinny Jeans

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH