Kenalan dengan Arini Subianto, Wanita Terkaya di Indonesia dengan Harta Rp 11 Triliun

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 04 Desember 2017
Kenalan dengan Arini Subianto, Wanita Terkaya di Indonesia dengan Harta Rp 11 Triliun
Arini Subianto. (Foto Instagram)

MerahPutih.com - Sudah menjadi tradisi setiap jelang akhir tahun majalah ekonomi dan bisnis terkemuka Forbes merilis daftar orang terkaya di seluruh dunia. Tahun ini muncul nama Arini Subianto, sebagai wanita terkaya di antara 50 daftar orang terkaya, yang didominasi kaum Adam, di Indonesia.

Pemilik nama lengkap Arini Saraswaty Subianto dilahirkan 47 tahun silam. Wanita berambut pendek yang selalu tampil energik ini dinobatkan sebagai orang terkaya versi majalah Forbes di peringkat 37. Total kekayaan Arini mencapai US$ 820 juta atau setara Rp 11,07 triliun dengan asumsi US$ 1 sama dengan Rp 13.500. Kekayaan Arini berasal dari bisnis kelapa sawit dan batu bara.

Selain itu, Arini juga dikenal sebagai pebisnis. Arini adalah Presiden Direktur PT Tri Nur Cakrawala, PT Pandu Alam Sejahtera, dan PT Persada Capital Investama.

Arini merupakan putri sulung Benny Subianto, salah satu pemilik saham PT Adaro Energy yang tahun lalu masuk dalam peringkat ke-33 orang terkaya di Indonesia. Arini mewarisi bisnis ayahnya, yang wafat bulan Januari 2017 silam.

Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Benny mengatakan akan mewarisi bisnisnya kepada salah satu dari ketiga putrinya. Dan, pilihan Benny jatuh kepada Arini.

Kini Arini menggeser Kartini Muljadi, yang pernah dinobatkan sebagai satu-satunya wanita terkaya di Indonesia pada 2015. Kartini Muljadi (87) kini menduduki urutan kedua wanita terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 680 juta atau sekira Rp 9,1 triliun.

Kartini Muljadi merupakan mantan hakim yang beralih menjadi pengacara dan pebisnis. Ia mendirikan firma hukum Muljadi & rekan serta PT Tempo Scan Pacific Tbk, yang dikenal dengan produk Bodrex dan Hemaviton. (*)

#Arini Subianto #Majalah Forbes #Orang Terkaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan