Selebritas Dunia

Kenakan Durag Selama Siaran, V BTS Terima Hujatan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 10 Oktober 2023
Kenakan Durag Selama Siaran, V BTS Terima Hujatan
V BTS tuai hujatan setelah memamerkan durag miliknya. (Foto: Instagram/@Thv)

V BTS duduk dan menyapa penggemarnya lewat siaran langsung di Weverse pada Senin dini hari (9/10). Ia baru saja pulang dari sesi after-party bersama Lil Uzi Vert di Seoul.

Kala siaran langsung, ia tak sengaja memamerkan sebuah kain pengikat kepala atau durag miliknya yang tergantung di dudukan papan ketik.

"Aku dapat ini sebagai hadiah dari seseorang," jelasnya saat beberapa penggemar mulai berkomentar soal kain tersebut.

V pun membebat kepalanya dengan durag merah itu. Namun, ia melepasnya lagi 20 detik kemudian. Penyanyi bernama Kim Tae-hyung itu juga tak menjelaskan dari siapa ia mendapat kain tersebut.

Baca juga:

Kena Demam Worlds 2023, V BTS Pamer Rank League of Legends

v bts durag
V merupakan vokalis sekaligus visual dari boy group BTS. (Foto: Instagram/@Thv)

Sayangnya, aksi singkat ini justru membuat V tenggelam dalam hujatan warganet. Mereka menyebut V sebagai sosok yang kurang peka dan paham dengan budaya orang kulit hitam.

Seperti yang diberitakan oleh NME, durag sebermula kain pengikat yang digunakan oleh para budak pada abad ke-19.

Mereka memakainya untuk menjaga rambut agar rapi. Lalu, pada 1970-an, lelaki kulit hitam pun menggunakan durag untuk menjaga rambutnya selama tidur.

Barulah pada era 1990-an, durag menjadi salah satu item yang dipopulerkan dan dikenakan oleh banyak komunitas hiphop. Hiphop sendiri awalnya memang dicetuskan oleh seorang Afro-Amerika. Oleh sebab itu, durag identik sebagai item budaya masyarakat kulit hitam.

"Aku sering melihat durag dipakai di industri K-Pop sebagai representasi dari hiphop atau gangsta, membuat stereotipe baru bagi orang kulit hitam. V mungkin tidak rasis, tetapi dia kurang akan pengetahuan (soal ini)," tulis akun @agustdidit di media sosial X.

Baca juga:

Multitasking, V BTS Kenalkan Album 'Layover' Sambil Bermain dalam Spotipoly

v bts
Menjelang debut solo, V pernah menjadi artis Korea pertama yang tampil di 'Tiny Desk Korea'. (Foto: Instagram/@Thv)

Namun, ada juga sejumlah ARMY (penggemar BTS) kulit hitam yang membela V. Mereka menyebut bahwa tak ada yang salah dengan mengenakan durag dan banyak orang melakukan hal tersebut.

Selain itu, V juga dinilai telah mempromosikan artis berkulit hitam dan berkolaborasi bersama mereka.

"Tae tidak menampilkan sikap tidak hormat. Dia hanya ingin menunjukkan durag yang didapatkannya," jelas salah satu akun, membela penyanyi kelahiran 1995 itu.

Di luar kontorvesi durag, V baru saja merilis album debut solonya pada 8 September 2023. Album mini bertajuk Layover ini memiliki total enam tracks di dalamnya. Ia menjadi anggota BTS ke-6 yang debut sebagai solois. (mcl)

Baca juga:

V BTS Habiskan Waktu Bareng Seorang ARMY dalam 'Dingo Story'

#BTS #V BTS #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan