Kenaikan Dana Bantuan Diharapkan Tingkatkan Kualitas Parpol Wakil ketua DPR Agus Hermanto (kedua kiri) berbincang dengan petugas Trans Marga Jateng (TMJ). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengatakan kenaikan dana bantuan bagi partai politik diharapkan dapat meningkatkan kualitas bagi parpol penerimanya. Kenaikan dana bantuan bagi parpol tersebut bakal membuat parpol lebih leluasa guna meningkatkan tingkat elektabilitasnya.

"Memang kami rasakan bila dana parpol dinaikkan ini bisa menjadi lebih baik," ujar Agus di Jakarta, Selasa (4/7).

Menurut dia, wacana kenaikan dana bantuan parpol juga merupakan bagian dari komitmen pembicaraan terkait UU Pemilu.

Dengan demikian, lanjutnya, bila direalisasikan maka diharapkan juga bakal membuat pembicaraan terkait UU tersebut juga bakal lebih mulus ke depannya.

Politikus Partai Demokrat itu juga menyatakan sepakat bahwa pengelolaan dana bantuan bagi parpol juga harus transparan dan sesuai dengan tata cara prosedur yang ada.

"Penggunaan anggaran harus sesuai dengan tata aturan undang-undang yang ada," kata Agus Hermanto.

Ia juga mengingatkan bahwa anggaran yang berasal dari APBN harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Di tempat terpisah, Partai Amanat Nasional (PAN) setuju pada usulan Pemerintah untuk menaikkan dana bantuan parpol, tapi kenaikan dana bantuan tersebut harus diikuti penerapan aturan perundangan yang mendukungnya secara ketat dan tegas.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan hal itu ketika ditanya soal rencana Pemerintah untuk menaikkan dana bantuan parpol dari sebelumnya Rp108 per suara menjadi Rp1.000 per suara, mulai tahun 2018.

Menurut Zulkifli, usulan kenaikan bantuan dana parpol dari negara harus diikuti dengan penerapan aturan perundangan secara tegas sehingga semua parpol mendapat perlakuan yang adil.

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH