Flores Cantik

Kena Kita, Pengganti Nasi dari Pulau Palue Flores

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 28 Agustus 2018
Kena Kita, Pengganti Nasi dari Pulau Palue Flores
Kena kita yang terbuat dari ubi. (Foto: facebook.com/langga.leawekeraezed)

FLORES, Nusa Tenggara Timur (NTT) tak hanya terkenal dengan panorama alamnya, pulau di antara Sumbawa dan Timor ini juga memiliki beragam kuliner tradisional yang pasti bisa manjakan para food traveller.

Salah satu yang tak boleh terlewatkan dari Flores yaitu kena kita. Bagi masyarakat di luar Flores, nama "kena kita" untuk makanan mungkin terdengar asing. Tapi, makanan ini masuk dalam daftar makanan terenak dari Flores. Makanan ini disebut juga bubur Rokatenda.

Kena kita tepatnya berasal dari Pulau Palue yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Sikka, Flores, NTT. Kena kita berupa jenis bubur yang biasa dijadikan sebagai makanan pokok atau pengganti nasi.

Kena kita. (Foto: facebook.com/adelina.powis)
Kena kita. (Foto: facebook.com/adelina.powis)

Bahan utama kena kita dari ubi-ubian dan kacang. Disajikan dengan parut kelapa. Makanan ini bercita rasa gurih dan pedasnya cabai rawit.

Bahan utama kena kita yaitu jagung dan kacang merah. Ada penambahan garam dan santan yang membuat makanan ini menjadi lebih gurih.

Kena kita. (Foto:  Facebook/Felly Wea Wanggraeany)
Kena kita disajikan dengan lauk. (Foto: Facebook/Felly Wea Wanggraeany)

Di Pulau Palue, kena kita dimakan setiap waktu seperti halnya nasi di daerah lain. Tapi bagi pelancong yang sudah terbiasa nasi, kena kita sangat cocok sebagai menu sarapan layaknya bubur.

Kalau kamu melancong ke Flores, belum lengkap rasanya tanpa mencoba kena kita. Makanan sehat ini selain di Pulau Paloe dapat ditemukan di wilayah lainnya di Flores. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jagung Titi, Popcorn-nya Flores yang tak Boleh Terlewatkan

#Kuliner NTT #Kuliner Indonesia #Flores Cantik
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan