Kena Bantal Langsung Ngantuk, Ini Kiat Mudah Tidur di Malam Hari Tidur di malam hari itu mudah (Foto: Unsplash/Kinga Cichewicz)

WAKTU sudah menunjukkan pukul 12 malam. Namun, mata kamu masih tetap segar. Padahal, besok kamu harus bangun pagi demi kembali menjalankan ritual di kantor. Susah tidur di malam hari alias insomnia akan berdampak buruk terhadap semua aktivitasmu.

Kurang tidur membuatmu beriskio lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan, diabetes hingga depresi. Karena ritme sirkadianmu hilang akibat pola tidur yang baik. "Tidur yang kurang dan kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi setiap sistem organ," Ujar penasihat tidur Men's Health, William Winter, M.D.

Baca juga:

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya

Sebenarnya penyebab kamu insomnia karena kurang mempersiapkan diri untuk tidur. Ada beberapa cara yang bisa bikin kamu mudah tidur di malam hari. Dijamin, dengan cara ini kena bantal kamu bisa langsung tidur.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan seperti dilansir dari Men's Health.

1. Mandi sebelum tidur

Mandi satu jam sebelum tidur (Foto: Unsplash/Carson Masterson)

Segar banget kan mengakhiri hari ini dengan mandi. Namun, sebaiknya jangan mandi sesaat kamu sebelum tidur. Berikan jarak antara mandi dan tidur, setidaknya satu jam sebelum tidur. Kamu bisa mandi menggunakan air hangat atau dingin. Semuanya sama-sama bikin tubuhmu segar dan menimbulkan rasa kantuk di malam hari.

2. Minum segelas susu

Segelas susu akan membuatmu mudah terlelap (Foto: Unsplash/Kim Gorga)

Segelas susu hangat sebelum tidur bisa membuat tidurmu pulas. Setelah mandi langsung seduh deh segelas susu. Tubuh kamu akan semakin siap untuk tidur setelah minum susu. "Susu mengandung protein α-laktalbumin. Protein ini mengandung asam amino triptofan dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur," kata Dr. Winter.

Baca juga:

Semakin Gemuk Semakin Susah Tidur, Apa Iya?

3. Atur suhu ruangan

Atur suhu ruangan sebelum tidur (Foto: Unsplash/M.B.M)

Penelitian menunjukkan suhu kamar yang dingin akan membuat tidurmu nyaman. Supaya maksimal, atur suhu pendingin ruangan antara 16-20 derajat celcius. Suhu ini akan membantu menurunkan suhu inti tubuhmu karena memicu proses yang membuat tidur.

4. Hindari paparan cahaya sebelum sebelum tidur

Hindari semua sumber cahaya dua jam sebelum tidur (Foto: Unsplash/Matthew T Rader)

Hindari semua sumber cahaya dua jam sebelum tidur. Baik itu dari cahaya lampu kamar hingga cahaya dari layar ponsel. Soalnya paparan cahaya tersebut akan memengaruhi hormon melatonin yang membantumu untuk tidur. Kalau perlu kamu aktifkan mode airplane deh supaya gak ada lagi notif masuk di ponsel kamu.

Hindari pula paparan cahaya saat kamu terbangun di malam hari. Misalnya tidak perlu menyalakan lampu kamar karena kamu ingin pergi ke kamar mandi. Cukup nyalakan lampu redup supaya kamu bisa mudah tidur kembali usai menuntaskan hajat di kamar mandi. (ikh)

Baca juga:

Bangun Tidur Kepala Terasa Berat? Bisa Jadi Kamu Waswas

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH