Kemungkinan Lain Tujuan 16 WNI yang Ditahan di Turki

Fadhli Fadhli - Kamis, 19 Maret 2015
Kemungkinan Lain Tujuan 16 WNI yang Ditahan di Turki
Menlu RI Retno L.P. Marsudi (kanan) berbincang dengan Menlu Swiss Didier Burkhalter sebelum melakukan pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu Jakarta, Senin (16/3). (Foto: Antara Foto)

MerahPutih Nasional - Dikatakan dalam setkab bahwa 16 WNI yang ditahan otoritas Turki itu kemungkinan memiliki tujuan lain untuk menyebrang ke Suriah.

16 Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditahan otoritas Turki itu memiliki dokumen keimigrasian yang jelas. Namun demikian, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) belum bisa memastikan apakah 16 orang tersebut akan bergabung dengan ISIS. (Baca: Cegah Paham ISIS, TNI akan Lakukan Sosialisasi)

“Yang jelas memang mereka menyampaikan mereka ingin menyeberang ke Suriah. Tapi ke Suriah-nya itu dalam rangka untuk bergabung atau tidak, ini sampai sekarang kita belum mendapatkan konfirmasi,” terang Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi. (Baca: Wapres: 16 WNI Tidak Masuk ISIS)

Menlu Retno Marsudi juga mengatakan, selain dugaan akan bergabung dengan ISIS, ada juga kemungkinan mereka menuju ke Suriah untuk tujuan ekonomi, karena banyak juga WNI yang bekerja di Suriah.

“Saya belum bisa memberikan informasi bagaimana nanti pelaksanaan deportasi tersebut. Tim kita belum bertemu dengan 16 WNI, baru dengan otoritas,” ujar Retno.

Menlu membantah anggapan jika tim yang dikirimkan oleh Kemlu kesulitan bertemu dengan ke-16 WNI yang ditahan otoritas Turki itu.

“Saya kira tidak ada kendala. Mereka baru datang, baru hari Senin mulai bekerja jadi mereka baru bangun. Diharapkan segera tapi tentunya semuanya tergantung dari kondisi di lapangannya bagaimana, nanti. Kalau sudah tentunya kita akan atur lagi,” papar Retno.

Saat ditanya kemungkinan masih adanya WNI yang menyeberang ke Suriah melalui Turki, Menlu mengemukakan, hal itu mungki saja terjadi. “Mungkin ada yang sudah menyeberang, tetapi pihak otoritas (Turki) belum dapat memastikan,” tegas Retno.

#Turki #WNI Bergabung Dengan ISIS #WNI
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan