Kemudi Pemprov DKI Kosong Ditinggal Anies dan Saefullah Kepala Badan Kepegawaian DKI, Cahidir. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kemudi kepemimpinan Pemprov DKI Jakarta kosong setelah Plh Gubernur DKI Jakarta, Saefullah bertolak ke Kota Semarang sore ini dan Gubernur Anies Baswedan belum tiba di Jakarta dari kunjungan kerja ke Amerika.

Saefullah sendiri menghadiri acara pemberitahuan penerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Hotel Gumaya Tower Jl. Gajah Mada Semarang pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Ratusan Brimob Kepung Jakarta, Begini Komentar Anies Baswedan

Kepala Badan Kepegawaian DKI, Cahidir mengatakan bahwa kekosongan pejabat tak mempengaruhi sistem pemerintah Pemprov DKI lantaran segala sesuatu yang berkaitan dengan keputusan penting bisa di komunikasikan lewat telepon.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: MP/Asropih)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: MP/Asropih)

"Tetap Gubernur kalau keputusan. Kita punya saluran komunikasi bisa melalui telepon, WA bisa," kata Chaidir di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (18/7).

Meski demikian, Chaidir mengaku bahwa Saefullah akan tiba kembali ke Jakarta pada malam ini sekira pukul 00.00 WIB.

"Hanya sampai malam ini penyerahan langsung balik. Ntar jam 00.00 WIB juga udah tiba disini. Jadi selama Pak Sekda di Semarang enggak perlu lagi ada PLH. orang itu tugas," jelas dia

Sebenarnya, kata Chaidir, undangan ke Semarang ditujukan kepada Anies. Namun, mengingat orang nomor satu itu saat ini belum tiba di Jakarta, terlebih lagi jabatan Wakil Gubernur DKI juga masih kosong, mau tidak mau Saefullah yang menjalankan.

Baca Juga: Begini Cara Anies Baswedan Atasi Polusi Udara Jakarta

Chaidir menuturkan, penanganan birokrasi yang menggantikan Saefullah sementara dipegang oleh asistennya. Namun keputusan penting tetap dipengan oleh Anies.

"Tetap gubernur kalau keputusan. Kita punya saluran komunikasi bisa melalui telepon, via WhatsApp juga bisa," tuturnya.

Lebih lanjut, Anies akan tiba di Jakarta pada esok hari. Namun, belum bisa dipastikan apakah Anies langsung masuk kerja atau tidak setibanya di Jakarta Jumat (19/7) besok.

"Kalau tidak ada halangan insya Allah sudah sampai (Besok). Mereka kan masih ada sisa waktu sehari PLH kan masih berlangsung. Secara tentatif iya (Anies) masih bisa beristirahat besok, masih diperbolehkan," tutupnya. (Asp)

Baca Juga: Penjelasan Anies Baswedan Terkait Biaya Mudik Gratis Pemprov DKI

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH