Kemiripan antara Liverpool dan Inter Milan saat Juara Champions Liverpool (Twitter Liverpool)

MerahPutih.com - Liverpool akhirnya bisa menuntaskan dahaga gelar Liga Champions usai membekuk Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 pada pertandingan final, di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6) dini hari WIB. Uniknya, kemenangan The Reds punya kemiripan dengan Inter Milan yang menjadi jawara 10 tahun lalu.

Liverpool langsung tancap gas sejak awal pertandingan. Hasilnya, The Reds mendapatkan hadiah tendangan penalti usai Moussa Sissoko dinilai menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak terlarang.

Kesempatan tersebut tidak dibuang Mohamed Salah. Pemain tim nasional Mesir tersebut melepaskan tembakan keras yang gagal dibendung Hugo Lloris.

Liverpool baru bisa mencetak gol di penghujung babak kedua. Divock Origi yang baru masuk mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan pemain tim nasional Belgia itu meluncur deras ke sisi kanan bawah.

Hingga akhir pertandingan, Liverpool berhasil mempertahankan keunggulan. Virgil van Dijk dan kolega meraih gelar Liga Champions 2018-2019.

Menariknya, kemenangan Liverpool mirip dengan apa yang dilakukan Inter Milan. Kedua klub tersebut punya sejumlah fakta yang sejalan.

Inter Milan. (Zimbio)
Inter Milan. (Zimbio)

Pertama, Liverpool adalah tim perdana yang berhasil juara Liga Champions meski punya persentase penguasaan bola lebih sedikit daripada sang lawan sejak Inter Milan pada 2010. Nerazzurri meraih kemenangan dengan menguasai bola sebanyak 32 persen, sedangkan Liverpool 34,5 persen.

Catatan kedua adalah soal penjaga gawang. Alisson adalah kiper pertama yang menorehkan clean sheet di final Liga Champions sejak Julio Cesar melakukannya pada 2010. Uniknya kedua kiper itu sama-sama berasal dari Brasil.

Kini, Liverpool semakin mempertegas sebagai tim Inggris paling hebat di Liga Champions. The Reds sudah mengoleksi enam gelar, tiga lebih banyak dari saingan terdekat, Manchester United. (bolaskor.com)

Baca Juga: Neymar Dilaporkan Perkosa Seorang Wanita di Paris



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH