Musik
Kemeriahan Hari Terakhir Festival Musik Pestapora Kemeriahan masih berlangsung hingga tengah malam. (Foto: IM3)

FESTIVAL musik "Pestapora" yang digelar di Gambir Expo, Jakarta, memasuki babak akhirnya pada Minggu malam (25/09/22). Selama tiga hari, para pengunjung disajikan berbagai penampilan musisi perorangan dan grup yang beken se-Indonesia.

Pada hari terakhir ini, kemeriahan masih berlangsung di hingga tengah malam nanti. Beberapa musisi yang masih tampil antara lain The Changcuters, Tipe X, Kerispatih, dan Sammy Simorangkir.

Festival musik Pestapora melengkapi rangkaian Collabonation Tour. Ini adalah konser musik yang menjelajahi 50 kota di Indonesia. Dinisiasi oleh IM3, penyedia layanan jaringan seluler, konser ini sekaligus menggaungkan semangat ‘Era Baru, Jaringan Baru’ yang terus dikembangkan di seluruh Indonesia.

Baca juga:

Collabonation Tour akan Sapa 50 Kota

pestapora
Pengunjung disajikan karya instalasi berisi perjalanan Collabonation dari masa ke masa. (Foto: IM3)

Selain konser musik, pengunjung juga diajak memasuki dunia Collabonation—sebuah zona yang membawa pengunjung menyelami lebih dalam berbagai karya Collabonation. Antara lain kolaborasi pembuatan lagu, karya kolaborasi film, serta visualisasi konser-konser Collabonation dilengkapi dengan properti karya, pameran foto Collabonation, hingga instalasi seni yang terkait dengan Collabonation.

Di dalam area sekitar booth IM3 di Festival Musik Pestapora, pengunjung bisa merasakan ‘dunia Collabonation’. Pengunjung disajikan karya instalasi berisi perjalanan Collabonation dari masa ke masa. Selama ini perjalanan tersebut hanya bisa dinikmati secara daring lewat diorama interaktif.

Melalui karya instalasi itu terlihat linimasa konser dengan para musisi lintas genre dan penggiat seni lainnya, seperti Konser Trilogi, Konser Silahturahmi Ramadhan, Konser Collabonation Road to Unity Solo, dan Konser Kemerdekaan.

Collabonation juga hadir dengan tayangan dokumenter yang menceritakan kolaborasi lintas generasi melalui perjalanan ke empat kota di Indonesia bertajuk Collabonation Road to Unity - Bersatu Untuk Merdeka. Dalam kolaborasi ini, para musisi memainkan instrumen musik dari karya kriya Barata Sena saat konser di Solo. Momen itu kemudian dikemas dalam karya instalasi seni.

Baca juga:

Kegembiraan kembali Berjumpa dalam Collabonation Konser Silaturahmi Ramadan

pestapora collabonation
Ratusan musisi lintas genre dan generasi silih berganti tampil memukau ribuan pengunjung.

Beralih ke panggung Pestapora, ratusan musisi lintas genre dan generasi silih berganti tampil memukau pengunjung. Beberapa musisi yang sering berkolaborasi di Collabonation juga hadir menyapa pengunjung melalui sesi meet and greet di booth IM3.

Dimulai dengan temu sapa bersama Kunto Aji dan Iga Massardi pada hari pertama. Mereka berbincang seputar kolaborasi di dalam Collabonation selama beberapa tahun ini, serta karya apa saja yang sudah dilahirkan bersama Collabonation. Nadin Amizah dan Sal Priadi pun turut menghadiri sesi meet and greet pada hari ke dua (24 September) dan ketiga (25 September).

Bentuk karya kolaborasi bersama IM3 dengan para seniman tak hanya melalui musik, melainkan juga berbentuk film. Para sutradara muda Indonesia dan juga musisi diajak kolaborasi dan diberikan kesempatan terjun langsung menjadi sutradara dalam pembuatan film tersebut. Karya kolaborasi film persembahan dari IM3 antara lain Limina Limen & Collabonation Series 3.0 - Angin di Lautan, Irama, Putaran.

Sejauh ini, Collabonation Tour telah mengunjungi 8 kota di Indonesia : Jember, Surabaya, Padang, Jambi, Pontianak, Solo, Semarang, dan Jakarta. Konser ini terus diadakan hingga tahun depan di 42 kota lain. (dru)

Baca juga:

Brand Ponsel Ini Akan Hadirkan Booth Menarik di Pestapora

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
KPK Tetapkan Bupati Penajam Paser Utara Tersangka
Foto
KPK Tetapkan Bupati Penajam Paser Utara Tersangka

Bupati Penajam Paser Mas'ud, Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan dan lima orang lainnya remi jadi tersangka (12/1/2022)

KPU dan Bawaslu Kota Tangerang dan Tangerang Selatan
Foto
KPU dan Bawaslu Kota Tangerang dan Tangerang Selatan

KPU Kota Tangerang terletak di Jl. Nyimas Melati No.16, RT.005/RW.001, Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Indonesia. (Senin, 24/1/2022) Foto : Merahputih/Dicke Prasetia.

Kisah Baru untuk Jakarta, Varian Omicron dan Wisma Atlet Kemayoran
Foto
Kisah Baru untuk Jakarta, Varian Omicron dan Wisma Atlet Kemayoran

Kondisi terkini RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, pada jum'at (21/1).

Disney Speedstorm, Gim Balapan Disney untuk Konsol dan PC
Fun
Disney Speedstorm, Gim Balapan Disney untuk Konsol dan PC

Disney masih belum mengumumkan hubungan antar konsol dan PC secara detail, dan akan diumumkan dalam waktu dekat.

Kick off Vaksin Booster Kota Tangerang
Indonesia
Kick off Vaksin Booster Kota Tangerang

Kick off Vaksin Booster diadakan di Puskesmas Panunggangan Kecamatan Cibodas Kota Tangerang pada Rabu (12/1/2022).

Dinamika JPO dan Halte Jembatan Gantung Jakarta Barat
Indonesia
Dinamika JPO dan Halte Jembatan Gantung Jakarta Barat

JPO dan Halte Jembatan Gantung, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, berada di Koridor 3 Bus TransJakarta yang melayani rute Kalideres-Pasar Baru.