Kasus COVID-19 Melonjak, RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Tambah 3 Tower Petugas dengan alat pelindung diri berdiri di salah satu beranda di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24-3-2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww

Merahputih.com - Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet Kemayoran menambah penggunaan tiga tower atau menara untuk menampung perawatan kasus pasien COVID-19 yang tiap hari terus bertambah.

"Kementerian PUPR akan kembali mempersiapkan dan merenovasi tiga tower tambahan yakni tower 2, 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (9/4).

Baca Juga:

Update Corona, Minggu (5/4) 2.273 Orang Positif Corona, 198 Meninggal Dunia, 164 Sembuh

Khalawi menjelaskan, pada pembangunan RS Darurat COVID-19 tahap dua ini rencananya akan ada sejumlah persiapan yang akan dilakukan.

Hal itu, dilakukan guna menambah daya tampung pasien COVID-19 dan menyediakan hunian yang layak bagi tim paramedis seperti para dokter dan perawat yang bertugas selama 24 jam di RS Darurat COVID-19 tersebut.

Adapun peruntukkan tower 2 nantinya akan di huni para dokter dan perawat. Tower 2 tersebut memiliki kapasitas 886 unit dan mampu menampung sebanyak 2.458 orang tim paramedis.

Selain hunian untuk tim paramedis, Kementerian PUPR akan menambah ruang rawat inap bagi pasien di RS Darurat Covid-19 di tower 4 dan 5. Di tower 4 dan 5 akan diperuntukkan sebagai ruang rawat inap pasien.

"Masing-masing tower memiliki kapasitas 886 unit dan mampu menampung 2.458 pasien," paparnya.

Fasilitas perawatan pasien corona di Wisma Atlet
Sejumlah fasilitas medis sudah disiapkan di Wisma Atlet untuk perawatan pasien corona (MP/Kanu)

Kementerian PUPR juga akan melakukan sejumlah perubahan fungsi bangunan di Wisma Atlet Kemayoran yakni peningkatan fungsi tower 6 sebagai Ruang Rawat Inap menjadi Rumah Sakit.

Pada tower 6 di lantai 1 akan dibangun Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan di lantai 2 juga akan dibangun Ruang ICU, serta lantai 3 sebagai Ruang Pemulihan.

Berdasarkan site plan yang ada di RS Darurat Covid-19, imbuhnya, maka 24 lantai lainnya di tower 6 akan digunakan sebagai ruang isolasi pasien.

"Kami memperkirakan pekerjaan persiapan tambahan tiga tower untuk RS Darurat COVID-19 ini akan selesai pada pekan depan yakni sekitar hari Sabtu tanggal 18 April 2020 mendatang," ucapnya.

Baca Juga:

Solo KLB Corona, 40.000 Warga Miskin Dapat Bantuan Sembako

Sebelumnya, sebagaimana dikutip Antara, Kementerian PUPR bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan sejumlah kementerian/lembaga terkait lainnya telah menyiapkan sebanyak empat tower di Wisma Atlet sebagai RS Darurat COVID-19. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH