Kementerian Pertanian Percepat Target Swasembada Sapi

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 12 September 2016
Kementerian Pertanian Percepat Target Swasembada Sapi
Penyerahan sapi Presiden Jokowi dan Wapres JK oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil di Masjid Istiqlal, Senin (12/9). (Foto: MerahPutih/John Abimanyu)

MerahPutih Nasional - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, seperti pesan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi untuk terus memupuk rasa persaudaraan dan peduli terhadap sesama, Idul Adha atau Hari Raya Kurban merupakan momentum tepat.

"Sebelum Pak Presiden berangkat ke Banten, dia berpesan kepada kami untuk terus memupuk rasa persaudaraan dan peduli dengan saudara-saudara kita. Pesan lainnya adalah ini sapi lokal yang dikurbankan (di Masjid Istiqlal), sapi onggol beratnya 1,5 ton," kata Amran saat ditemui usai salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/9).

Amran menjelaskan, pengembangkan sapi jenis ongol dan sapi bragman sejak tahun 2015 lalu termasuk sebuah keberhasilan, dan ini merupakan potensi sangat besar.

"Ini potensi yang luar biasa dan sudah kita kembangkan, alhamdulillah tahun 2015 kurang lebih 1 juta kelahiran sapi onggol dan sapi bragman," terangnya.

Menurut Amran, hal terpenting untuk terus mengembangkan sapi yaitu target Indonesia mampu swasembada protein.

"Yang terpenting adalah kita kembangkan ke depan sehingga kita bisa swasembada protein," tuturnya.

Amran menjelaskan, arahan Presiden Jokowi dalam pengembangan sapi ini yaitu target swasembada jangka waktu 9 tahun ke depan.

"Tapi, kalau bisa lebih cepat kita upayakan agar lebih cepat untuk swasembada sapi. Sekarang bawang sudah swasembada, kita sudah eskpor, jagung impor kita turun 60 persen, kemudian beras harganya stabil bahkan turun. Selain itu, kalau beras stok kita 2,1 juta ton cukup sampai bulan Mei 2016," pungkas. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Ini Dia Jenis dan Berat Sapi Kurban Presiden Jokowi di Solo
  2. Sapi Kurban Presiden Jokowi Jadi Tontonan Warga
  3. Pengusaha Keberatan Perpendek Masa Penggemukan Sapi Impor
  4. Impor Daging Sapi Beku Harus Bebas Penyakit Mulut dan Kuku
  5. Mendag Berencana Kembali Impor Daging Sapi dari Australia
#Swasembada Sapi #Amran Sulaiman
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan