Kementerian ESDM: Pasokan BBM Aman

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 28 Juni 2017
Kementerian ESDM: Pasokan BBM Aman
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (kiri) meninjau Gardu Induk PLN di Desa Kapal, Badung, Bali, Sabtu (24/6). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Kementerian ESDM mengklaim pasokan bahan bakar minyak (BBM), elpiji, dan listrik dalam kondisi aman pada masa Lebaran 2017 hingga Senin (26/6) atau H+1.

"Sampai H+1, secara umum pasokan energi aman. Kini kami siapkan keamanan pasokan energi untuk periode arus balik Lebaran agar masyarakat yang tengah bersilaturahmi dengan sanak saudara atau berwisata, dan hendak kembali ke tempat tinggal masing-masing, senantiasa dapat beraktivitas dengan lancar dan aman," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Sujatmiko di Jakarta, Rabu (28/6).

Menurut Sujatmiko, pihaknya terus melakukan pemantauan dan siap siaga hingga berakhirnya arus balik dengan petugas Posko Nasional ESDM dan tim di lapangan bergantian melakukan monitoring.

Sujatmiko mengatakan, stok BBM dan elpiji dalam keadaan cukup yakni di atas 20 hari.

Realisasi pendistribusian BBM yang signifikan terjadi pada H-9 dengan kenaikan sebesar 64 persen dibandingkan periode sama 2016, sementara pada H+1 terdapat penurunan empat persen dibandingkan 2016.

Untuk sistem kelistrikan, hanya dua daerah dalam kondisi siaga atau cadangan lebih kecil dari pembangkit terbesar yakni sistem Sorong+Papua Isolated dan Jayapura.

"Total pasokan listrik nasional sebesar 23.605,75 MW dengan beban puncak 18.007,41 MW, sehingga cadangan operasi masih tersedia 5.377,51 MW," katanya.

Sumber: ANTARA

#Kementerian ESDM #BBM #GasElpiji
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan