Kementerian BUMN Gelontorkan Rp341 Miliar untuk Donasi Penanganan COVID-19 Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nz.

MerahPutih.com - Kementerian BUMN menyebutkan telah menyalurkan donasi sebesar Rp341 miliar per 31 Agustus 2020 untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

"Di samping itu kita juga menyalurkan donasi-donasi ke tim penanganan COVID-19 BUMN," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (24/9), dikutip Antara.

Sedangkan untuk total nilai penerimaan donasi per 31 Agustus 2020 mencapai Rp444 miliar. Donasi tersebut berasal dari BUMN, perusahaan swasta, dan perorangan, berupa dana tunai maupun barang.

Baca Juga:

Kritikan Ahok Wajib Didengar Menteri BUMN

BUMN-BUMN juga mengirimkan APD, sembako, alat-alat kesehatan, dan obat-obatan sampai ke daerah-daerah.

Kemudian Menteri BUMN Erick Thohir, lanjut dia, bersama rekan-rekan BUMN juga menggerakkan sekitar 31 rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia untuk menjadi rumah sakit penanganan COVID-19.

Ilustrasi - Petugas menjalankan prosedur pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus corona di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.ANTARA/Rudi/am.
Ilustrasi - Petugas menjalankan prosedur pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus corona di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.ANTARA/Rudi/am.

"Selain itu karena kita mengetahui bahwa tes PCR di berbagai provinsi sangat kurang, maka kita mengadakan laboratorium PCR di sejumlah daerah seperti Medan, Balikpapan, Jawa Tengah, dan lokasi-lokasi lainnya," kata Arya Sinulingga.

Menurut dia, hal tersebut merupakan cara-cara yang dilakukan agar bagaimana supaya fasilitas kesehatan bisa mencukupi dan juga membantu dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

Baca Juga:

Kritikan Ahok Jadi Momentum Perbaikan Internal Kementerian BUMN

Dalam waktu dekat Kementerian BUMN bersama perusahaan-perusahaan BUMN akan membagikan masker ke seluruh kabupaten di Indonesia. Ada 500 ribu masker yang akan dikirimkan ke seluruh Indonesia.

"Ini adalah program kami berikutnya dalam mendukung gerakan masker seluruh Indonesia melalui BUMN Lindungi Negeri, di mana teman Satgas Bencana Nasional BUMN di seluruh kabupaten akan bekerja untuk membagikan masker sebanyak 500 ribu masker," ujar Arya Sinulingga. (*)

Baca Juga:

Kritik Habis-habisan, Ahok Minta Kementerian BUMN Dibubarkan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH