Kementerian Agama: 1 Syawal 1439 H Jatuh Pada Jumat 15 Juni 2018 Menag Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua MUI KH Mar'uf Amin umumkan hasil sidang Isbat (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Kementerian Agama memutuskan 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018 setelah menggelar sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (14/6).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan berdasarkan pemantauan tim rukyatul hilal yang tersebar di sejumlah titik seluruh Indonesia menyatakan sudah melihat hilal di beberapa titik.

"Sampai menjelang sidang Isbat dibuka setidaknya 12 pelaku rukyat yang sudah disumpah, dari Manado, Palu, Gresik, Jogyakarta, Jakut, dimana 12 pelaku rukyat seluruhnya menyatakan telah melihat hilal," kata Menag Lukman saat menggelar konferensi pers di Kantornya, Kamis (14/6).

Maka dengan demikian, setelah mendengar berbagai masukan dari seluruh peserta sidang Isbat, MUI dan tokoh Ormas Islam. Maka 1 Syawal ditetapkan jatuh pada besok hari Jumat.

Suasana sidang Isbat di kementerian agama
Suasana sidang isbat di Kementerian Agama (MP/Fadhli)

"Peserta sidang bersepakat dan telah mendengar dari MUI maka 1 Syawal jatuh pada Jumat 1 Juni 2018. Maka besok hari tidak lagi berpuasa, besok kita melakukan salat ID bersama-sama memasuki 1 Syawal bersama," Ucap Menag Lukman.

Semoga dengan berlebaran bersama ini, kata dia, menjadi momentum untuk kembali memperkokoh persatuan dan kebersamaan diantara anak bangsa.

"Ini berkah bagi kita, semoga kebersamaan ini dapat kita rawat sehingga potensi kebersamaan umat ini mampu memperkokoh persatuan kita semua selamat hari idul Fitri. Mudah-mudah kita mampu menjadi jati diri kita sebagai seorang muslim. Dan mampu kembali kepada kesucian," pungkasnya.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Kisah Inspiratif Muda-Mudi Kota Malang: Selagi Pagi, Mari Berbagi!

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH