Kemensos: Kegiatan HUT LPDS Ke-33 Hilangkan Stigma Negatif Kaum Disabilitas

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 23 Juli 2021
Kemensos: Kegiatan HUT LPDS Ke-33 Hilangkan Stigma Negatif Kaum Disabilitas
Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kementerian Sosial (Kemensos) menyambut baik kegiatan perlombaan jurnalistik dengan tema "Disabilitas dan Media Massa" dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) ke-33 tahun.

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menyampaikan, acara ini sebagai ajang untuk memberikan perhatian khusus bagi kaum disabilitas.

"Karena ini menjadi salah satu implementasi dalam upaya menghilangkan stigma negatif dan diskriminasi bagi penyandang disabilitas," ucap Harry saat membacakan surat Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui Youtube, Jumat (23/7).

Baca Juga:

2 Persen Lowongan CPNS dan PPPK Khusus Pendaftar Disabilitas

Keterlibatan kaum disabilitas dalam setiap kegiatan ini sudah sesuai amat Undang-Undang Dasar Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Bahwa sebagian negara Indonesia seperti disabilitas memiliki hak-hak yang perlu dipenuhi termasuk di antaranya hak informasi di masa COVID-19," ucapnya.

Kegiatan dalam HUT LPDS ke-33. (Foto: MP/lpds.or.id)
Kegiatan dalam HUT LPDS ke-33. (Foto: MP/lpds.or.id)

Harry juga menyebut, kaum disabilitas termasuk dalam kelompok rentan terpapar COVID-19, karena kondisi fisik dan kesehatannya. Serta bisa saja mengalami ganguan atas kerterbatasan fisik, mental dan intelektual.

"Dan ketika bersangkutan terpapar COVID-19 bersangkutan mengalami kesulitan untuk bisa akses pelayanan dalam menangani dalam dari COVID-19," ucapnya.

Baca Juga:

150 Penyandang Disabilitas di Kota Bandung Dapat Vaksin COVID-19

Anak buah Menteri Risma ini juga mengungkapkan, kaum berkebutuhan khusus sangat sulit menerapkan protokol kesehatan (prokes) akibat keterbatasan informasi, misalnya lewat akses internet.

"Kaum disabilitas kurang mendapat pemahaman atas karena keterbatasan akses informasi dan masih membutuhkan bantuan langsung dari orang lain," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Dewa United Esports Gaet Albert Munthe Sang Player Disabilitas

#Penyandang Disabilitas #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan