Kemenpora Kucurkan Rp50,6 Miliar untuk Bantu Timnas Indonesia U-19 Kemenpora dan PSSI saat melakukan penandatanganan MoU. (Istimewa)

MerahPutih.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengucurkan dana bantuan kepada timnas Indonesia U-19 melalui Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebesar Rp50.6 miliar.

Penandatangan kesepatan itu dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dengan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, (27/7).

Baca Juga

Latihan Mundur, Timnas Senior dan U-19 Digenjot Perbaikan Nutrisi

PSSI yang mengajukan anggaran Rp 69.144.333.292 akhirnya disetujui senilai Rp.50.619.561.500. Pengajuan yang disetujui yakni, 46 atlet, Pelatih 7 orang, 8 Tenaga Pendukung, sedangkan komponen yang difasilitasi yakni honorarium, akomodasi dan konsumsi, suplemen, try out dan training camp luar negeri, transportasi, peralatan/perlengkapan latihan tanding dan dukungan sport science, perlindungan kesehatan.

"Ini (PSSI) cabor yang selama ini tidak pernah meminta bantuan kepada pemerintah, tetapi sekarang kewajiban pemerintah untuk membiayai Timnas U-19 yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti," Zainudin dilansir laman resmi Kemenpora.

Menpora RI Zainudin Amali menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Fasilitasi Pelatnas Timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, (27/7) sore. (foto:raiky/kemenpora.go.id)
Menpora RI Zainudin Amali menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Fasilitasi Pelatnas Timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, (27/7) sore. (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Politisi Partai Golkar itu meminta kepada PSSI agar bisa mengelola anggaran ini dengan baik. Selain itu, ia meminta masyarakat terus mendukung Timnas U-19 agar selalu optimis.

"Ini untuk kepentingan Timnas agar sukses, jadi harus dimaklumi kebutuhanya juga besar. Terima kasih atas kesabarannya, hampir sebulan kita review, kita tak mau ada satu rupiah pun yang tidak tepat pengunaannya," ujarnya.

Sementara, Iriawan mengaku sangat berterima kasih kepada Kemepora untuk bantuan yang didapatkan oleh PSSI ini. Apalagi, bantuan untuk Timnas Indonesia U-19 yang bakal mempersiapkan diri menuju Piala Dunia U-20 2021 memang sangat diperlukan.

“Dari awal saya lihat Pak Menpora memberikan atensi yang besar kepada sepak bola dan memang kami masih terbayang di televisi ketika beliau dipanggil Pak Presiden (Joko Widodo), saat itu diingatkan soal prestasi sepak bola,” ujar Mochamad Iriawan.

Baca Juga

Corak Keindonesiaan di Jersey Tandang Timnas Indonesia

“Pak Menpora begitu perhatian kepada kami, terutama untuk Timnas Indonesia U-19 yang nanti akan berlaga di Piala Dunia U-20, yang Insya Allah masih dalam jalur berlangsung pada bulan Mei-Juni 2021."

“Tentunya terkait pendanaan negara melaui Kemenpora, PSSI siap menjalankan MoU terkait masalah keuangan, juga penggunaan anggaran negara ini, untuk menggunakannya secara akuntabel,” pungkas Iriawan. (Bolaskor)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH