Kemenpora, KONI dan PB Esports Gelar Turnamen Free Fire 'Piala KONI 2020'

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 08 November 2020
Kemenpora, KONI dan PB Esports Gelar Turnamen Free Fire 'Piala KONI 2020'
Piala KONI 2020 akan segera digelar (Foto: istimewa)

KOMITE Olahraga Nasional (KONI), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemepenpora RI), dan PB Esports Indonesia menghadirkan turnamen E-sports terbesar akhir tahun. Turnamen bertajuk Piala KONI 2020 tersebut berhadiah total Rp200 juta dengan puncak acara berlangsung pada tanggal 28-29 November 2020 mendatang.

Ajang tersebut digelar sebagai pemantik semangat ekosistem E-sport dan gaming di Indonesia nan sepi gelaran di tengah pandemi COVID-19. Esports kini telah menjadi salah satu kegiatan paling sering dilakukan dan ditonton masyarakat Indonesia saat PSBB, namung bisa dihitung jari ajang turnamen resmi.

Baca juga:

Garmin Hadirkan Jam Tangan Pintar Untuk Atlet Esports

Esports Piala KONI 2020 merupakan ajang turnamen perdana KONI dengan tujuan mengenalkan lebih dekat E-sports kepada masyarakat Indonesia.

Esports yang akan dipertandingkan di Piala KONI 2020 yakni Free Fire (Foto: codashop)

Selain itu, Piala KONI 2020 pun menunjukan itikad pemerintah, melalui KONI dan PB Esports Indonesia memberi dukungan positif pada olahraga dengan penggunaan media video game, atau Esports di Indonesia.

Ketua umum KONI, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, mengatakan KONI, bersama PB Esports Indonesia, memberikan kesempatan bagi para pecinta E-sports di seluruh pelosok negeri.

"Dengan tagar #JadiJuaraDunia, KONI dan PB Esports Indonesia, memberikan kesempatan adil dan merata untuk berkompetisi secara sehat dan fair play guna mendulang prestasi nyata, serta berkesempatan menjadi juara nasional dan membuka jalan menuju juara dunia," ujar Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, Ketua umum KONI, seperti rilis diterima merahputih.com.

Esports Piala KONI 2020, lanjut Marciano, akan menjadi tonggak sejarah kebangkitan kembali prestasi olahraga nasional Indonesia terutama di bidang E-sport.

Baca Juga:

Post Malone Jadi Pemilik Tim Esports Terbesar di Texas

Lebih lanjut, Frengky, Sekretaris Jenderal PB Esports mengungkapkan Piala KONI 2020 juga diadakan sebagai salah satu ajang persiapan para atlet.

"Piala KONI 2020 diselenggarakan untuk mempersiapkan atlet-atlet E-sports Indonesia bertanding, dan mengharumkan nama bangsa di pentas kejuaraan E-sports dunia kelak,” ungkap Frengky.

KONI dan PB Esports Indonesia memberi dukungan positif pada olahraga yang menggunakan media video game, atau Esports di Indonesia (Foto: Digit.in)


Piala KONI 2020 merupakan turnamen E-sports menggandeng game Free Fire. Turnamen tersebut akan melangsungkan fase kualifikasi hingga grand final sepanjang November 2020 ini.

Akan ada dua kualifikasi, barat dan timur, berlansung secara bersamaan pada tanggal 17 hingga 22 November 2020, kemudian dilanjutkan fase grand final pada tanggal 28-29 November 2020.

Tiga tim peringkat teratas dari masing-masing kualifikasi barat dan timur berhak melaju ke babak main event, kemudian bertanding dengan 6 tim Free Fire terbaik Indonesia mendapatkan direct invitation.

Fase pendaftaran tim E-sports Free Fire Piala KONI 2020 akan berlangsung pada tanggal 8 hingga 13 November 2020 mendatang. Calon peserta dapat mendaftarkan timnya di pialakoni2020.com. (Ryn)

Baca juga:

Tembus Rp506 Miliar, Dota 2 The International 10 Jadi Turnamen dengan Hadiah Terbesar di Dunia

#Free Fire #Esports
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan