Kemenpora Didesak Kaji Ulang Rencana Gelaran MotoGP di Sentul

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 30 Januari 2016
Kemenpora Didesak Kaji Ulang Rencana Gelaran MotoGP di Sentul
Menpora Imam Nahrawi (kiri) didampingi Direktur Sirkuit Sentul Tinton Soeprapto, mengecek langsung lintasan Sirkuit Sentul di Sentul, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (Foto: Kemenpora.go.id)

MerahPutih MotoGP - Keputusan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan Sirkut Sentul, Bogor, batal menjadi tuan rumah dari salah satu seri MotoGP 2017 tidak asal-asalan. Apalagi, hal tersebut kerena lemahnya persiapan dari pihak pengelola Sirkuit Sentul.

Selain itu, Kemenpora mendapatkan desakan dari dua kementerian untuk mengkaji ulang rencana gelaran MotoGP di Indonesia pada 2017 hingga 2019.?

Masing-masing desakan tesrbut yakni berasal dari ?Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kemanusiaan (PMK) Puan Maharani.

?Kementerian Keuangan dan PMK mempertanyakan soal biaya yang harus ditanggung pemerintah untuk gelaran MotoGP Indonesia. Untuk menyelenggarakan balap motor paling bergengsi di dunia itu, Indonesia harus menyetor  €23,4 juta euro.?

?"Kemenpora diminta untuk melakukan kajian ulang secara komprehensif tentang kelayakan dari MotoGP. Artinya aspek legalitas, relevansinya dengan masalah prestasi olahraga, dan juga dari aspek pariwisata itu dalam konteks seandainya MotoGP diadakan," terang juru bicara Kemenpora Gatot S Dewa Broto kepada para wartawan di Jakarta, Jumat (29/1).?

?"Lalu, keuntungannya apa dengan mengeluarkan uang sekian ratusan miliar rupiah, benefitnya apa? Semuanya harus dilengkapi dengan data yang konkrit."?

?Gatot mengatakan, Kemenpora tidak bisa mengkaji MotoGP sendirian. Kemenpora membutuhkan bantuan dari Kementerian Pariwisata.?

?"Secepatnya Kemenpora diminta untuk sampaikan hasil kajiannnya. Kemenpora tidak bisa sendiri, harus koordinasi dengan Kementerian Pariwisata. Ibu Puan tidak sebutkan deadline-nya, tapi dia cuma minta sampaikan ke Menpora untuk secepatnya dilakukan kajian," pungkasnya. (esa)


BACA JUGA:

  1.  Tidak Ada Dana Penyebab Sirkuit Sentul Batal Gelar MotoGP 2017
  2. Serius Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017 , Pengelola Sentul Cari Sponsor
  3. Kemenpora Minta Pengelola Sentul Contoh Masterplan Asian Games
  4. Soal Keppres MotoGP 2017, Pihak Sentul Diwajibkan Penuhi Tiga Syarat
  5. Seminggu, Pihak Sentul Harus Selesaikan Master Plan MotoGP
#MotoGP #Sirkuit Sentul
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan