Kemenpora bakal Perketat Proses Naturalisasi Pemain Asing Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Foto: MP/Win

MerahPutih.com- Naturalisasi pemain asing sampai saat ini masih terus terjadi di Indonesia. Tak heran, jika banyak pihak yang mempertanyakan manfaat adanya naturalisasi pemain.

Setelah mantan kapten Timnas Indonesia Agung Setyabudi, kini giliran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memberikan komentar negatif terhadap naturalisasi pemain.

“Kami dari Kemenpora bakal lebih memperketat lagi proses naturalisasi pemain,” tegas Imam saat berada di Kota Solo, Selasa (13/3) siang.

Jika dilihat, sebenarnya Menpora tidak mempermasalahkan adanya naturalisasi pemain. Hanya saja, usianya lebih produktif, semisal mulai dari 19 tahun sudah dinaturalisasi.

“Pemain sudah tua-tua kok di naturalisasi, kita akan lebih perketat lagi,” imbuhnya.

Malahan, pria asal Bangkalan ini menilai naturalisasi pemain hanya untuk kepentingan sebuah klub saja. Padahal, seharusnya keberadaan pemain naturalisasi untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia

“Ingat proses naturalisasi tidak bisa sembarangan, karena semua liga yang menjalani program itu bermuara pada perkembangan Timnas,” katanya.

Imam juga menegaskan, naturalisasi pemain bukan solusi utama untuk meningkatkan prestasi Timnas, melainkan lebih fokus pada pengembangan pembibitan pemain sepak bola usia dini.

“Lihat, di Indonesia banyak SSB, PPLP dan SKO, itu bisa dikembangkan,” tandasnya

Berita ini merupakan laporan Win, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Baca juga artikel terkait di: Eks Pemain Timnas Pertanyakan Kontribusi Pemain Naturalisasi



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH