Wisata Indonesia

Kemenparekraf Perkuat Destinasi Desa Wisata

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 20 Juli 2021
Kemenparekraf Perkuat Destinasi Desa Wisata
Desa wisata Indonesia. (Foto: Unsplash/Dikaseva)

DESA-DESA wisata yang ada di Indonesia tentu wajib masuk dalam list liburan kamu nantinya bila pandemi sudah berlalu. Selain melepas penat, kamu juga bisa menyaksikan berbagai budaya dan tradisi perjamuan yang ada di sana.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menunjukkan upaya penuh untuk mendorong penguatan desa wisata. Langkah tersebut dilakukan lewat kegiatan Bimtek dan Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Baca juga:

11 Desa Wisata di Indonesia Tujuan Plesir Asyik, Nomor 2 Unik

Kemenparekraf Perkuat Destinasi Desa Wisata
Disambut baik para peserta ADWI 2021. (Foto: Unsplash/Ifan Bima)

“Kita akan all out, desa wisata sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. COVID-19 memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan kita, meningkatkan kolaborasi kita, dan meningkatkan inovasi agar desa wisata ini bisa menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita,” ujar Sandiaga mengutip ANTARA.

Ada pun Bimtek & Workshop Online ADWI 2021 digelar untuk zona C yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing pariwisata melalui prinsip 3C, yakni commitment, competence, dan champion.

Sandiaga yakin desa wisata Indonesia bisa menjadi destinasi kelas dunia jika dikelola dengan benar. Seluruh potensi tempat wisata harus dimaksimalkan dengan mengedepankan kearifan lokal.

Dalam kondisi PPKM darurat ini, Sandiaga mengajak masyarakat untuk tidak putus asa atas kebijakan ini.

Baca juga:

5 Desa Wisata Primadona di Yogyakarta

Kemenparekraf Perkuat Destinasi Desa Wisata
Segera pulih, Indonesia. (Foto: Unsplash/Nick Agus Arya)

“Mari kita sama-sama mendukung. Kita yakin sebentar lagi kita bisa mengatasi pandemi COVID-19, dan mudah-mudahan Indonesia kembali menjadi negara yang menjadi tujuan wisata kelas dunia dengan fokus di desa wisata. Mari kita pulihkan ekonomi kita, menang melawan COVID-19, together desa wisata, yes we can do it,” lanjutnya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu menjelaskan, ADWI tahun ini mengusung tema Indonesia Bangkit. Kemenparekraf berharap bisa menjadikan desa wisata sebagai salah satu penopang perekonomian bangsa sehingga dapat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19.

Program ADWI 2020 sudah diluncurkan sejak 30 April 2021. Proses registrasi itu dilakukan pengelola desa wisata melalui www.jadesta.com, yang baru saja berakhir pada pekan lalu (16/7).

Semangat dan antusiasme terhadap ajang tersebut sangat tinggi. Ini terlihat dari jumlah desa wisata yang melampaui target, yakni 1.831 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. (and)

Baca juga:

Global Green Destinations Days, Memasukan 4 Desa Wisata di Indonesia dalam Programnya

#Wisata Indonesia #Wisata #Travel #Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan